Beasiswa Cemerlang Diumumkan Nopember

November 16, 2011 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – vivaborneo.com, Bulan November ini pengumuman untuk penerima beasiswa melalui program Kaltim Cemerlang 2011 ditarget akan rampung. Dari pendaftar mencapai 30 ribu lebih telah terseleksi sekitar 21 ribu orang lebih akan menerima bantuan stimulant dan beasiswa dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

“Target dari seluruh penerima bantuan stimulant maupun beasiswa melalui Beasiswa Kaltim Cemerlang 2011 ini akan rampung pada Nopember ini. Bahkan minimal sebelum tutup buku seluruh dana untuk beasiswa telah tersalurkan kepada penerima beasiswa,” kata Ketua Dewan Pendidikan Kaltim, yang juga Ketua Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang 2011 Dr Bohari Yusuf, usai mengikuti Rapat Staf di Ruang Tepian Kantor Gubernur  Kaltim, Senin (14/11).

Menurut dia, pengumuman penerima beasiswa tahun ini dilaksanakan beberapa tahap sejak awal Nopember lalu telah diumumkan sebanyak 2.988 orang. Selanjutnya pada tahap kedua diumumkan 5.152 orang dan tahap ketiga atau pada Jum’at (4/11) diumumkan kembali sebanyak 4.000 orang penerima, sedangkan sisanya masih menunggu Surat Keputusan Gubernur.

Secara keseluruhan penerima beasiswa yang diverifikasi Tim Pengelola sekitar 15 ribu selebihnya tersebar di Dinas Pendidikan Kaltim dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim, selanjutnya pemberkasan sudah masuk di Biro Sosial dan Biro Keuangan Setprov Kaltim untuk dibuatkan Surat Keputusan (SK) Gubernur.

Sehingga target pada November ini semua penerima beasiswa yang telah diverifikasi dapat mencairkan dananya. Terutama bagi lembaga keuangan (perbankan) yang telah ditunjuk Pemprov Kaltim melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kaltim.

“Rencananya besok (hari ini-red) akan dilangsungkan pertemuan di Kantor Gubernur antara BPD Kaltim dengan seluruh lembaga perbankan di Kaltim yang akan menjadi penyalur dana beasiswa bagi penerimanya, sehingga ditarget akhir tahun ini seluruh dana dapat tersalurkan bagi yang berhak menerimanya,” jelasnya.

Selain itu, bagi penerima beasiswa harus melengkapi berkasnya khususnya untuk memudahkan pencairan di lembaga perbankan yang ditunjuk BPD Kaltim. Sebab pola perekrutan penerima beasiswa tahun ini berbeda dengan tahun-tahun lalu, kali ini menggunakan sistem online di website yang dikelola Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang 2011.

Karenanya, pola perekrutan ini cukup objektif dengan menggunakan sistem verifikasi dari data yang dikirimkan pendaftar melalui media online tersebut. Namun, tetap didukung beberapa persyaratan yang menjadi prosedur bagi calon penerima.

“Pola perekrutan melalui website ini diharapkan akan dapat disalurkan kepada yang benar-benar berhak menerimanya atau data yang diberikan secara objektif dan diverifikasi secara objektif pula. Sehinga sistem pemberian bantuan beasiswa bagi masyarakat Kaltim ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada Pemprov Kaltim,” ujar Bohari Yusuf.(vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.