Bandara Juata Tarakan Terus Ditingkatkan

May 9, 2011 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – vivaborneo.com, Pemprov Kaltim serius memperjuangkan penyelesaian peningkatan bandara Juwata Tarakan dengan sejumlah perbaikan. Perbaikan yang dilakukan diantaranya perpanjangan runway baru 2.500 x 45 meter dan pembangunan terminal baru.
“Dua pekan lalu, kami telah melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan sejumlah pekerjaan di Bandara Juwata Tarakan. Diharapkan pekerjaan bisa segera dirampungkan, sehingga pelayanan transportasi udara bagi masyarakat yang melewati bandara ini bisa ditingkatkan lagi,”  kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain, Jumat (8/5).

Runway baru  dibangun menggunakan alokasi dana APBN dan telah dilakukan sejak 2010 dan 2011 dengan jumlah dana sekitar Rp600 miliar. Sedangkan untuk terminal baru yang juga dibangun sejak 2010 hingga tahun ini diperkirakan menyerap alokasi anggaran sebesar Rp300 miliar.

Dukungan APBN lainnya telah diberikan dalam bentuk pembangunan appronch  dengan konstruksi sarang laba-laba. Pengerjaan appronch telah dilakukan sejak 2005 – 2007 (tahap I) 2009 (tahap II) dan 2010 – 2011 (tahap III).

“Dengan appronch baru itu, jika sekarang kapasitasnya hanya untuk dua pesawat, maka nanti akan ditingkatkan hingga 6 pesawat,” imbuh Zairin Zain.

Sementara untuk APBN 2012, dana yang diusulkan berjumlah Rp2,102 triliun. Jika usulan bisa diwujudkan, dana tersebut akan digunakan bagi program prioritas pembangunan perhubungan udara, sekaligus untuk mendukung transportasi  udara baik antar daerah provinsi, khususnya penduduk yang bermukim di kawasan perbatasan dan pedalaman, maupun keluar provinsi, termasuk keluar negeri.

Usulan dana tersebut juga diharapkan dapat menunjang peningkatan keselamatan penerbangan serta pemberian subsidi ongkos angkut penumpang.

Sedangkan sejumlah bandara yang akan dikembangkan adalah Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara Juwata Tarakan, Bandara Datah Dawai, Bandara Long Bawan, Bandara Long Ampung, Pembangunan Bandara Samarinda Baru, Banara Melak, Bandara Nunukan, Bandara Malinau, Bandara Kalimarau Berau, Bandara Tanjung Harapan dan tiga angkutan udara perintis. (vb/sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.