Antisipasi Narkoba Perlu Dilakukan Sejak Dini

February 6, 2012 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA – vivaborneo.com, Dalam upaya bersama untuk penanggulangan bahaya dan ancamana narkoba, maka perlu dilakukan upaya-upaya sejak dini khususnya bagi anak-anak usia sekolah. Apalagi, bahaya narkoba telah merebak dikalangan pelajar bahkan hingga ke tingkat sekolah dasar.

“Pembangunan karakter yang digalakkan pemerintah saat ini salah satu bagian atau upaya untuk mengantisipasi pengaruh dan ancaman bahaya narkoba, khususnya bagi anak-anak sejak usia dini,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kaltim Hj Ardiningsih.

Menurut dia, pembangunan karakter yang dilakukan sekarang ini sebagai upaya mempersiapkan generasi yang berkualitas. Sebab, pembangunan atau pendidikan karakter sangat berkaitan erat dengan tumbuh kembang anak terutama pola pikir anak.

Sehingga melalui program ini maka akan terbentuk pola pikir atau kecerdasan bagi anak-anak sejak usia dini. Diharapkan, dengan kecerdasan yang dimilikinya itu tentu akan mampu mengantisipasi akan pengaruh bahaya narkoba.

Selain itu, pendidikan karakter tentu tidak terlepas dari pendidikan keagamaan bagi anak-anak tersebut. Karenanya, pemdidikan karakter tidak saja menitik beratkan pada kemampuan mental dan pola pikir semata tetapi ikut berperan pendidikan agamanya.

“Kekuatan generasi kedepan bukan semata generasi yang berkarakter tetapi juga memiliki kemampuan memegang teguh nilai-nilai atau kaidah-kaidah agama. Sehingga, dengan kekuatan berpegang pada norma-norma agama itu berarti memiliki kecerdasan spiritual,” jelasnya.

Kemampuan akademisi  atau  kecerdasan intelektual akan sangat berkembang apabila didukung kemampuan atau kecerdasan spiritual. Maka, tentunya akan-anak atau generasi penerus Kaltim ini memiliki kualitas dan berdaya saing tinggi selain mengerti dan akan mampu menghindari pengaruh dan  bahaya narkoba.

Karenanya, pembangunan sumber daya manusia (SDM) Kaltim yang berkualitas haruslah menyeluruh dan melibatkan semua pihak untuk peduli serta mampu memberikan perhatian yang besar terhadap tumbuh kembang anak sejak usia dini.

“Dunia pendidikan memiliki tangungjawab yang besar terhadap peningkatan kualitas SDM kita, tetapi kita jangan melupakan pendidikan agamanya terutama untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual, sehingga mampu menghindarkan atau mengantisipasi dirinya dari pengaruh dan bahaya narkoba,” harap Ardinigsih.(vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.