Air Mata Iringi Pelepasan Siwa SDN 007 Tenggarong Seberang

May 30, 2011 by  
Filed under Serba-Serbi

Tenggarong-vivaborneo.com, Dalam pertemuan pasti ada perpisahan, itulah hukum alam yang biasa ditemui dalam perjalanan hidup. Kadang pepisahan membawa duka, tak jarang diiringi dengan tetesan air mata.

Siswa kelas 6 SDN 007 Tenggarong Seberang tampilkan kesenian daerah tari jepen pada acara pelepasan mereka

Siswa kelas 6 SDN 007 Tenggarong Seberang tampilkan kesenian daerah tari jepen pada acara pelepasan mereka

Hal demikian dialami oleh 30 siswa kelas 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Tenggarong Seberang dan para tenaga pendidik mereka, dalam acara Pelepasan Siswa yang digelar di halaman sekolahnya, Sabtu (26/7).

Tak hanya para murid, bahkan para guru, kepala sekolah serta orang tua murid tampak berkaca-kaca pada acara perpisahan tersebut.

Kesedihan itu tampak saat siswa kelas 6 SDN 007 membawakan lagu hymne guru yang dilanjutkan dengan puisi tentang jasa-jasa guru, sebagai tanda terimakasih atas pendidikan dan bimbingan yang diberkan kepada mereka selama enam tahun.  Air mata tampak mengalir dipipi siswa, dan para guru dan kepala sekolah tak kuasa menahan  bulir-bulir air matanya hingga sesekali mereka menyeka pipinya yang basah dengan sapu tangan maupun tisu.

Andi Dhea Puspita Sari salah satu siswa kelas 6 yang mewakili rekannya  dalam sambutannya mengatakan merasa berat ketika harus berpisah dengan guru-guru dan juga adik kelasnya. Karena Dhea sudah menaggap guru sebagai orang tua yang telah mendidik berhasil mulai dirinya belum mengenal baca tulis dan berhitung, hingga berhasil meyelesaikan pendidikan di kelas 6.

“Ilmu yang diberikan guru kepada kami sangat bermanfaat untuk bekal melangkah kedepan, dan tak ternilai harganya. Kami hanya bisa mengucapkan terimakasih ibu bapak guru,” ujar Dhea sambil menyeka pipinya.

Sementara itu Kepala SDN 007 Ani Suparni mengatakan dirinya sedih karena siswa kelas 6 bersikap sopan dan patuh, serta menganggap dirinya sebgai orang tua.

Kendati pengumuman Ujian Nasional tingkat SD belum keluar namun dirinya yakin siswa didikannya lulus, berkat persiapan matang yang diberikan pihaknya kepada siswa sebelum menempuh ujian akhir.

“Saya yakin anak-anak lulus semua. Saya berpesan lanjutkan terus belajar dan jangan sampai putus sekolah, bawa sopan santun dan disiplin belajar yang sudah didapat  disini agar diterapkan disekolah lanjutan nanti,” pesannya.

Pelepasan siswa yang ditandai dengan pengalungan pin kepada siswa kelas 6 itu dihadiri jajaran UPTD Cabang Dinas Pendidikan Tenggarong Seberang, pengawas sekolah, jajaran Desa Teluk Dalam serta wali murid.

Acara juga di isi dengan tari jepen, pembacaan ayat suci Al-Qur`an serta menyanyikan lagu yang semuanya dibawakan oleh siswa kelas 6. Serta pembagian hadiah lomba lukis, dan penghargaan siswa dan guru berprestasi. (vb/heru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.