Kaltim Sinergikan Program KB

April 13, 2011 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – vivaborneo.com, Wakil Gubernur H Farid Wadjdy mengatakan Pemprov Kaltim akan segera melakukan sinkronisasi dan pembenahan untuk membangkitkan kembali semangat masyarakat mendukung pelaksanaan Program Keluarga Berencana (KB).

“Program KB bukan hanya bicara soal kontrasepsi, tetapi lebih penting lagi  adalah bagaimana mewujudkan pembangunan manusia Indonesia dan membangun manusia Kaltim seutuhnya,” kata Farid Wadjdy.

Pembangunan lanjut Farid Wadjdy memang  mengharuskan pemerintah untuk memperhatikan masalah pengendalian  pertumbuhan penduduk. Sebab pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali justru akan sangat berpotensi menjadi faktor penghambat laju pembangunan.

Namun diakuinya, kerjasama dengan lembaga vertikal seperti Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang pada era terdahulu berjalan baik, beberapa tahun terakhir ini kurang maksimal.

Farid Wadjdy menyebutkan tiga poin yang perlu diperhatikan untuk memperkuat upaya mewujudkan manusia Kaltim seutuhnya, yakni terkait kelembagaan, program dan anggaran.

”Untuk optimalisasi kerjasama tersebut, tiga poin ini perlu diperhatikan yaitu, menyangkut kelembagaan, program keluarga berencana dan sinergi anggaran,” kata Farid Wadjdy.

Program KB yang saat ini terus dilaksanakan melalui BKKBN adalah antara lain adalah Program Pengaturan Jarak Kelahiran, Kesehatan Reproduksi Remaja, Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga dan Penguatan Kelembagaan dan Jaringan Keluarga Kecil.

Program KB dimaksudkan pada pembentukan struktur keluarga yang mengecil dengan kualitas yang lebih baik. Sebaliknya, struktur keluarga yang gemuk justru akan menyebabkan kualitas keluarga semakin menurun.

Kegiatan yang saat ini terus digencarkan diantaranya Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR), Pusat Informasi dan Konseling (PIK) untuk remaja, pembinaan ketahanan keluarga melalui Catur Bina (Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia dan Bina Keluarga Lingkungan Keluarga.

”Program KB akan memberi kontribusi nyata untuk melahirkan generasi-generasi Kaltim yang berkualitas dan andal. Karena itu, kerjasama ini memang harus dilakukan,” pungkas Farid Wadjdy. (vb/sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.