PDRB Bontang Peringkat Pertama di Indonesia

March 26, 2011 by  
Filed under Bontang

BONTANG-vivaborneo.com, Kota Bontang yang berorientasikan di bidang industri, jasa serta perdagangan dikenal sebagai daerah dengan produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar ke-satu di Indonesia.
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Kota Bontang  menempati urutan tertinggi dalam PDRB per kapita pada  2009 lalu mencapai Rp368,05 juta. Kabupaten Mimika berada pada peringkat ke-dua dengan PDRB sebesar Rp295,05 juta dan peringkat ke-tiga DKI Jakarta  yang mencapai Rp224,41 juta.

Prestasi tersebut dikemukakan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat pelantikkan Walikota dan Wakil Walikota Bontang Periode 2011-2016 di GOR Taman Lestari Bontang, Rabu (23/3).

Selain itu, Kota Bontang cukup dikenal karena berdiri tiga perusahaan besar di bidang yang berbeda-beda,  yaitu PT. Badak NGL penghasil gas alam, PT. Pupuk Kalimantan Timur penghasil pupuk dan amoniak dan PT. Indominco Mandiri penghasil batu bara, serta memiliki kawasan industri petrokimia yang bernama Kaltim Industrial Estate.

“Tingkat PDRB Kota Bontang tertinggi di Indonesia. Hal ini karena dipengaruhi kota ini telah berdiri beberapa perusahaan besar. Sehingga kota ini merupakan kota industri baru setelah kota Balikpapan. Bahkan, Kota Bontang merupakan  tanah harapan masa depan dan tempat bergantungnya harapan, serta cita-cita untuk kesejahteraan masyarakatnya,” kata Awang Faroek Ishak.

Terlebih lagi, posisi Bontang sangat strategis karena berada pada jalur poros regional lintas Trans Kalimantan yang menghubungkan jalur wilayah Utara Kaltim hingga ke pusat pemerintahan di Samarinda Ibukota Provinsi Kaltim.

Sementara itu, pada konstelasi nasional, daerah ini menghadap ke arah Selat Makassar yang merupakan jalur pelayaran nasional, regional dan internasional.  Sedangkan dalam lingkup provinsi, keberadaannya pada jalur poros regional lintas Trans Kalimantan yang sudah terhubung hingga ke Samarinda dan Balikpapan sampai ke wilayah selatan batas provinsi.

Sehingga posisi strategis ini berpotensi untuk menjadikan kota pupuk ini berfungsi sebagai akses keluar wilayah, sehingga membuka peluang pemasaran hasil sumber daya alam (SDA), baik yang berada di Kota Bontang  maupun daerah  Kutai Timur dan Kutai Kartanegara.

Kota Bontang  merupakan kawasan penting sehubungan dengan dikeluarkannya Inpres Nomor I tahun 2010 yang menetapkan Kaltim, khususnya Bontang sebagai klaster Industri berbasis minyak dan gas bumi (migas) dan kondensat. Sementara itu, untuk klaster berbasis Pertanian Oleochemical di Kawasan Maloy Kutai Timur dan Balikpapan dikembangkan Kawasan Industri Kariangau (KIK).

Ketiga kawasan industri tersebut diharapkan dapat dikembangkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), sekaligus akan berdampak luas terhadap peningkatan perekonomian regional, nasional dan global.

Selain potensi SDA,  Bontang juga memiliki potensi lain yang sangat menjanjikan, yakni di bidang kepariwisataan. Misalnya kehidupan nelayan dan pemukiman di tepi pantai yang menarik, pantai Beras Basah, Danau PKT dan  pantai Marina PT. Badak, serta  Taman Nasional Kutai (TNK). (vb/mas)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "PDRB Bontang Peringkat Pertama di Indonesia"

  1. Titiek Purbawati on Mon, 2nd Jan 2012 2:14 am 

    Peringkat tersebut menjadi PR penting bagi kita semua untuk mewujudkan kesejahteraan di Kal-tim yang berkelanjutan. Apa artinya hanya “kaya” sebentar, jika tidak memperhatikan kstabilitasan lingkungan untuk generasi mendatang.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.