Kepiting Soka Bakal Mendunia

March 8, 2011 by  
Filed under Kuliner

Kaltim akan memiliki satu lagi produk makanan olahan andalan masa depan. Makanan olahan tersebut berasal dari olahan kepiting cangkang lunak yang sudah mulai dipasarkan di kota Tarakan dan sekitarnya.”Kepiting soka ini bakal mendunia. Saya sangat yakin, produk ini benar-benar akan diminati masyarakat dunia,” ujar Menteri  Kelautan dan Perikanan, HM Fadel Muhammad usai menyantap Kepiting Soka yang disajikan hangat di stand Agrinex Kaltim, pekan tadi.

Produk makanan olahan memanfaatkan kekayaan potensi sumber daya kelautan ini menurut Fadel Muhammad cukup menjanjikan. Kepiting   cangkang lunak crispy di Indonesia, baru dikembangkan di Kaltim. Jika potensi ini dikelola dengan manajemen dan terobosan yang lebih baik menyangkut kualitas dan daya tahan produknya, maka bisa dipastikan booming Kepiting Soka tidak terhindarkan.

Jajaran pejabat pusat dan nasional yang telah mencoba gurihnya Kepiting Soka diantaranya adalah Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X. Umumnya mereka mengakui, keunikan rasa kepiting yang saat ini dikembangkan, Mare, pengusaha produk makanan olahan asal kota Tarakan.

Produk ini, telah dua kali  dipamerkan dalam expo bertaraf nasional. Pertama dalam forum Teknologi Tepat Guna (TTG) di Yogyakarta, September 2010 dan Agrinex International Expo 2011 di Jakarta, awal Maret tadi.

Di arena expo Agrinex, pemilik produk ini, Mare, sempat melakukan demo masak pembuatan Kepiting  Soka. Penampilannya disambut antusias pengunjung yang kemudian menyerbu sajian Kepiting Soka yang ditawarkan.

”Rasanya gurih dan enak. Badan sampai capit kepitingnya bisa dimakan. Kita juga gak repot-repot, seperti makan kepiting yang biasa,” kata seorang ibu yang juga aktif bertanya saat demo masak digelar.

Jika produk ini bisa terus dikembangkan, bukan mustahil, Kaltim akan lebih dikenal dengan tambahan imej dari produk olahan  kepiting ini. (vb/sam)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Kepiting Soka Bakal Mendunia"

  1. Samuel Musa on Sat, 4th May 2013 2:35 pm 

    Selain Agrobisnis, Kalimantan Timur memiliki potensi wisata sungai yang sangat potensial karena sektor ini bersifat multi sektoral. selain mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berbasis budaya, juga ikut melestarikan lingkungan.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.