Rita Widyasari : Kukar Masih Butuh Dana Besar

March 4, 2011 by  
Filed under Kutai Kartanegara

TENGGARONG–vivaborneo.com, Kutai Kartanegara (Kukar) masih membutuhkan dana besar, terutama dalam membangun infrastruktur. Hal ini disampaikan Bupati Kukar Rita Widyasari disetiap kesempatan dalam pertemuan maupun kunjungan kerja ke kecamatan. Menurutnya, Kukar sering dibandingkan dengan kota-kota yang ada di Pulau Jawa, terutama dalam pembangunan infrastruktur seperti jalan dan jembatan, apalagi Kukar sudah dikenal sebagai kabupaten yang kaya, namun dipandang infrastruktur di Kukar masih dianggap minim.

Rita Widyasari

Rita Widyasari

“Kukar tidak bisa dibandingkan dengan kota-kota di Pulau Jawa yang sudah lebih dulu maju, walaupun Kukar terkenal kaya, namun  perlu diingat bahwa Kukar baru merasakan dana besar setelah Otonomi Daerah (Otda) digulirkan oleh Pemerintah,” kata Rita.

Dikatakannya,  APBD Kukar 2011 memang mencapai 4 triliun rupiah lebih, namun jika dibandingkan dengan luas wilayah Kukar yang mencapai 27 ribu kilometer persegi, dana tersebut tidaklah memadai, untuk memenuhi seluruh kebutuhan pembangunan di Kukar. Selain memiliki wilayah yang sangat luas, Kukar juga dihadapkan dengan letak geografis, dimana sebagian besar wilayahnya berada di hulu, yang sangat tergantung pada transportasi air, sehingga masih banyak wilayahnya yang terisolir dan belum terjangkau dengan transportasi darat.

Hal ini merupakan tantangan baginya untuk secepatnya melakukan pemerataan pembangunan, terutama dalam membuka wilayah yang masih terisolir. Dengan anggaran Kukar yang mencapai 4 T itu masih terbilang sangat  kurang, untuk mengharapkan infrastruktur Kukar yang sesuai dengan harapan masyarakat, karena dari dana tersebut, didistribusikan bukan hanya untuk infrastruktur saja, tetapi juga untuk peningkatan dibidang lain seperti pendidikan, belanja aparatur, sosial serta belanja lainnya. Untuk itu, Kukar akan terus berjuang meminta hak kepada Pemerintah Pusat, agar dapat diberikan bagi hasil yang proposional.

“Kukar memiliki luas wilayah yang sangat luas,  APBD yang ada sekarang masih belum cukup untuk mengawal pembangunan di Kukar, kita akan terus berjuang ke pemerintah pusat agar diberikan dana bagi hasil yang lebih besar lagi dari apa yang diterima saat ini,” kata Rita lagi. (vb/rudi)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.