Revitalisasi Gerakan Pramuka Perlu Dukugan Kabupaten/Kota

January 29, 2011 by  
Filed under Berita

SAMARINDA –  vivaborneo.com – Melalui Gerakan Pramuka diharapkan akan lahir generasi muda Indonesia yang kelak dapat menjadi pemimpin dengan kreativitas tinggi, tidak malas  berpangku tangan atau hanya menjadi penonton di tengah maraknya pembangunan yang sedang  dilaksanakan di era Otonomi Daerah ini.Demikian disampaikan Gubernur Kaltim ,DR H Awang Faroek Ishak selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kaltim saat Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka yang berlangsung di Samarinda, Rabu (26/1).

“Tidak dapat dipungkiri bahwa Gerakan Pramuka telah membentuk watak dan karakter pemimpin-pemimpin yang ada  saat ini. Kita yang saat ini menjadi pemimpin, baik di birokrasi maupun swsata, dahulunya adalah anggota Pramuka,” ujar Awang Faroek mengingatkan.

Gerakan Pramuka, lanjutnya,  yang beberapa tahun terakhir  lumpuh, memerlukan revitalisasi dalam kegiatannya diantaranya melalui  bantuan dan dukungan dari Bupati dan Walikota di seluruh Kaltim.

Awang Faroek mengajak Gerakan Pramuka di seluruh Kaltim dalam menyusun programnya untuk dapat menelaraskan dan mendukung  Empat Pilar Pembanguan  Kaltim, yaitu Demikrasi, Program Pro Rakyat, Justice for All atau keadilan untuk semua, dan Pencapaian Millenium Development Goal’s (MDGs).

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Prof DR Azrul Azwar, MPH mengatakan Revitalisasi Gerakan Pramuka akan dilakukan dengan membina guru-guru sekolah, memberikan peralatan bagi sekolah dan menghidupkan kembali gugus 27. 000 depan di seluruh Indonesia yang selama ini lumpuh.

“Kita berharap dukungan pemerintah daerah agar  mengalokasikan dana untuk mendukung Gerakan Pramuka, agar lebih profesional sesuai kemajuan jaman. Kita berharap setiap kabupaten/kota memiliki bumi perkemahan yang merupakan laboratorium bagi Gerakan Pramuka,” ujarnya

Dalam Musda Gerakan Pramuka 2011 ini dihadiri oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar , Bupati Bulungan, Budiman Ariefin, Wakil Walikota  Samarinda, H Nusyirwan Ismail, dan Walikota terpilih Kota Bontang, Adi Dharma.(vb/yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.