Kaltim Serentak Tanam Satu Juta Pohon

January 24, 2011 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA–vivaborneo.com, Dalam rangkaian hari ulang tahun (HUT) ke-54 Provinsi Kaltim, maka pada Sabtu (29/1) nanti akan dilaksanakan penanaman pohon sebanyak satu juta pohon. Penanaman pohon ini dilakukan secara serentak di 14 kabupaten dan kota.“Pada 29 Januari nanti akan dilaksanakan penananman pohon sebanyak satu juta pohon. Samarinda  akan dipusatkan di Komplek Stadion Utama Palaran yang diikuti  kabupaten dan kota se-Kaltim didaerahnya masing-masing,” kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, usai menghadiri upacara peringatan HUT  Kota Samarinda di Lapangan Parkir GOR Segiri Samarinda, Kamis (20/1).

Oleh karenanya, para bupati dan walikota harus aktif untuk mengkoordinir warga masyarakatnya untuk mengikuti kegiatan ini didaerahnya. Karena penanaman ini merupakan salah satu upaya mendukung program Menanam Satu Miliar Pohon yang telah dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2010 lalu.

Sedangkan Kaltim telah memiliki program Kaltim Green yang salah satu kegiatannya melakukan penanaman pohon. Hal ini penting dilakukan, terutama dalam upaya kita secara bersama-sama mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim, serta penurunan emisi gas karbon.

Program Kaltim Green dengan one man five trees atau satu orang menanam lima pohon harus benar-benar dilaksanakan secara konsekuan. Sehingga secara konkrit Kaltim juga mampu  menyumbang jutaan pohon untuk Indonesia.

Namun demikian, momen menanam pohon ini hendaknya dijadikan suatu kebiasaan bagi masyarakat Kaltim. Khususnya dalam menumbuhkan prilaku melestarikan lingkungan dengan pembiasaan menanam pohon dilingkungan sekitar, baik di sekolah, kantor, perusahaan maupun dipekarangan rumah.

Apalagi, ujar Awang,  saat ini telah terjadi perubahan iklim yang sudah nampak terasa. Terbukti dengan banyaknya kegiatan pertanian yang mengalami kegagalan panen, tanaman banyak yang mati karena cuaca yang tidak teratur bahkan mengarah cuaca ekstrem.

“Melihat kondisi perubahan iklim ini menjadi motivasi kita untuk menngurangi bahkan mencegahnya dengan berupaya mensukseskan program menanam ini. Mari masyarakat Kaltim kita secara bersama-sama menanam, terlebih para bupati dan walikota untuk dapat mengerahkan warganya untuk menanam pohon pada 29 Januari nanti,” ajak Awang Faroek.(vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.