Festival Kreasi Masakan Ikan Sajikan 170 Jenis

December 1, 2010 by  
Filed under Gaya Hidup, Kuliner

SAMARINDA–vivaborneo.com, Menu kuliner berbahan ikan ternyata dapat disajikan dalam berbagai jenis masakan seperti jus buah lai ikan mas, kue keciput lele, lemon patin dan lain-lain. Sajian berbagai menu ini ditampilkan pada Festival Kreasi Masakan Ikan di Gedung PKK Kota Samarinda, Selasa (30/11), yang digagas Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Samarinda.Berbagai  jenis santapan ini merupakan inovasi baru hasil kreasi kader-kader PKK Kelurahan diikuti 42 peserta perwakilan masing-masing Kelurahan. Ada 170 macam aneka jenis makanan berbahan dasar ikan khususnya air tawar, namun tidak lagi disajikan dalam wujud ikan melainkan kesemuanya sudah diolah dalam bentuk aneka ragam penganan, kudapan maupun minuman, dengan tampilan menarik serta cita rasa menyegarkan, tanpa ada kesan ikan didalamnya namun tidak mengurangi nilai gizi dan protein ikan yang sebenarnya.

Melihat hasil kreativitas ini, Ketua PKK Samarinda Hj Puji Syaharie Jaang, yang hadir diacara tersebut tidak hanya memuji dan berdecak kagum, karena lebih dari itu kedepannya akan mencoba menggandeng pihak swasta dalam hal ini sektor pariwisata dan perhotelan  bagaimana agar menu-menu baru ini bisa menjadi kuliner andalan daerah, khususnya di Kota Samarinda.

“Karena selain sebagai upaya mendorong perbaikan pangan dan gizi masyarakat, pengembangan diversifikasi olahan ikan ini lebih diharapkan dapat menumbuhkembangkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan ikan sebagai bahan dasar olahan, yang tidak menutup kemungkinan bisa pula menjadi sumber peningkatan kesejahtertaan ekonomi keluarga” tutur Puji yang didampingi wakil ketua PKK Hj Sri Lestari Nusyirwan.

Asisten III Sekda Samarinda H Ridwan Tassa yang mewakili Walikota menyebut festival ini adalah tepat, karena selain bahan bakunya banyak, harganya murah. Keluar sebagai juara di festival ini masing-masing juara I Kelurahan Baqa, II Kelurahan Sungai Keledang, III Kelurahan Bukit Pinang. Harapan I Kelurahan Lok Buah, Harapan II Kelurahan Pulau Atas, Harapan III Kelurahan Mugirejo. (vb/*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.