Calhaj Kukar Kloter 7 Ziarah Ketempat Bersejarah Di Makkah

November 1, 2010 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

TENGGARONG -vivaborneo.com, 116 Jama`ah Haji Kutai Kartanegara (Kukar) yang tergabung dalam Kloter tujuh, Senin (1/11) kemarin melakukan Ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Makkah.Ketua Tim Petugas Haji Daerah (TPHD) Kukar Firdaus mengatakan Calon Haji (Calhaj) Kukar  tersebut, kemarin mengunjungi Jabal Rahmah dan Jabal Nur.

Selain Ziarah, Calhaj Kloter 7 Kukar juga  melakukan penyembelihan hewan Qurban, karena melakukan Haji Tamattu sebagaimana sebagain besar Jama`ah Haji asal Indonesia lainnya.

Bagi mereka yang melakukan haji Tamattu memang dikenakan kewajiban membayar Dam berupa 1 ekor kambing  untuk satu orang atau satu ekor unta untuk 7 orang. Hewan-hewan ini harus dibayar atau disemblih di tanah suci Makkah Al Mukaromah.

Lebih lanjut dikatakan Firdaus Calhaj Kukar Kloter 7 juga berkunjung Arafah, Muzdalifa dan Mina, guna pembelajaran bagi Calhaj untuk melakukan ibadah Wukuf dan melontar Jumrah.

“Calhaj juga kami bawa ke Arafah, Muzdalifa dan Mina agar mereka mengetahui bagaimana melakukan ibadah wukuf dan melontar Jumrah agar mereka lebih mudah nantinya untuk melakukan ibadah puncak tersebut,”  terang Firdaus lewat telepon selulernya, kemarin. (vb/heru)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.