Belajar Mencintai Lingkungan dari Kisah Uut dan Uti di Danau Semayang

July 23, 2021 by  
Filed under Serba-Serbi

Kampanye untuk mencintai lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dilakukan Bunda PAUD Kalimantan Timur Hj Norbaiti Isran Noor. Dalam sebuah video youtube yang baru diupload Pokja Bunda PAUD Kalimantan Timur, Rabu (21/7/2021). Istri Gubernur Kaltim H Isran Noor itu menyajikan edukasi untuk mencintai lingkungan dalam bentuk bercerita, serta mengenalkannya kepada dunia anak-anak.

Cerita tentang Uut dan Uti, merupakan karya Fitri Susilowati, Ketua Kampung Dongeng Etam. Menceritakan dua ikan pesut yang hidup di sekitar Danau Semayang, Kutai Kartanegara. Pesut adalah binatang mamalia yang bentuknya mirip lumba-lumba dan termasuk hewan langka di dunia. Pesut hanya ada di perairan sungai pulau Kalimantan. Jumlahnya pun tidak lebih dari 76 ekor.

Dalam video singkat itu, ketua TP PKK Kaltim itu menceritakan kisah Uut dan Uti kepada sang cucu yang bernama, Samudera. Sang cucu pun antusias mendengarkan cerita.

“Dua ekor pesut menyelam ke sana kemari. Dia mengitari Danau Semayang. Di pinggir danau itu, banyak pohon-pohon,” kisah Norbaiti.

“Tanpa disadari, Uti tertinggal jauh dari Uut. Perhatian Uti tertuju kepada sebuah benda berwarna biru dan bening,” sambung Norbaiti melanjutkan ceritanya.

Singkat cerita, si Uti menelan sebuah benda berwarna biru dan bening yang mengapung di danau itu. Uti lalu tersedak dan mulai mengerang kesakitan. Ternyata, yang ditelan Uti adalah sampah plastik. Uut pun berusaha menolong Uti yang mulai kesulitan bernafas. Betapa kecewa si Uti, sebab ketika mereka muncul ke permukaan, bukannya pertolongan yang mereka dapat. Orang-orang yang berada di sekitar mereka justru bersorak. “ Hore, ada pesut timbul.”

Sampai ketika seorang nelayan bernama Ulay, mendengar suara Uut meminta tolong. Meski pertolongan diberikan, sampai ke perawat dan dokter hewan terdekat, Uti tidak bisa diselamatkan. Uut pun sedih, karena sekarang dia harus bermain sendiri, tanpa Uti, sahabatnya.

“Andai tidak ada orang yang membuang sampah ke danau,   pasti Uut masih bisa bermain dan bersenang-senang dengan Uti di Danau Semayang,” ucap lirih Norbaiti.

Pesan penting yang ingin disampaikan Norbaiti dalam video berdurasi 3 menit 20 detik itu adalah agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan sejak dini mendidik anak-anak untuk mencintai lingkungan dan alam sekitarnya. (sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.