ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Diduga Akibat Kelelahan, Jubir Satgas Prof Wiku Terinfeksi Covid-19

June 20, 2021 by  
Filed under Kesehatan

Share this news

Prof Wiku Jubir Satgas Covid-19

JAKARTA – Diduga akibat Kelelahan juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen dan PCR, hal ini disampaikan oleh Wiku dalam siaran pers, Sabtu (19/6/2021).

Wiku memeprkirakan dia terinfeksi virus Covid-19 setelah melakukan sejumlah aktivitas yang padat dalam dua pekan terakhir.

“Seperti yang diketahui, dalam beberapa minggu terakhir, saya melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19 cukup tinggi, seperti Kudus dan Bangkalan,” ujar Wiku yang juga Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19.

Dalam keterangannya, disebutkan bahwa dirinya melakukan swab antigen dan hasilnya positif pada Jumat (18/6). Setelah itu, Wiku melakukan swab PCR. “Dan hasilnya saya terima hari ini yaitu positif Covid-19,” kata dia.

Wiku memperkirakan tertular Covid-19 saat melakukan kunjungan ke sejumlah daerah. Dia juga menekankan sudah melakukan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. “Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan,” tuturnya.

Mengenai kondisi, Wiku mengaku tidak mengalami penurunan mengenai kondisi fisiknya. Dia juga optimistis dirinya dapat segera sembuh. Sebagai bagian dari protokol kesehatan, Wiku telah meminta kepada mereka yang memiliki kontak erat dengan dirinya untuk melakukan test antigen sebagai upaya testing dan tracing.

“Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,“ ujar Wiku sembari mengingatkan, siapa pun bisa tertular Covid-19.

Namun hanya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, maka masyarakat dapat mencegah diri dari penularan Covid-19. “Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh tim Satgas Penanganan Covid-19, BNPB, KPC-PEN, dan rekan-rekan media.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari pandemi Covid-19,” tutup Wiku. (hel)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.