ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kasus Malaria di Kubar Tertinggi Kedua di Kaltim

April 29, 2021 by  
Filed under Daerah

Share this news

KUTAI BARAT, SENDAWAR – Kasus malaria di Kabupaten Kutai Barat saat ini menduduki peringkat kedua tertinggi di Kaltim setelah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)

Kepala Dinas Kesehatan Kubar, Ritawati Sinaga lewat sekretarisnya Barnabas mengatakan pandemi Covid-19 telah menanggu sistem pelayanan kesehatan masyarakat.

Saat ini, temuan malaria tercatat 1.270 kasus. Pasien yang terpapar umumnya pekerja kayu di kawasan pegunungan Meratus. Letaknya berdekatan dengan calon ibu kota negara (IKN) baru.

“Mereka hanya dirawat di puskesmas yang dinaungi Pemkab Kubar,” ujar Barnabas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kubar Barnabas SKM

Secara data, sepanjang Januari 2021 ini, tercatat 75 kasus malaria saat ini. Angka tercatat baru sementara. Sampai saat ini belum ada korban jiwa dari penyakit malaria ini.

Pemerintah daerah juga terus berupaya menekan meningkatnya kasus malaria dengan mengucurkan anggaran sekitar Rp184 juta lebih. Alokasi dana bersumber dari APBD dan DAK (Dana Alokasi Khusus) 2021.

Dijelaskan, pasien yang memiliki gejala mirip Covid-19 termasuk malaria, akan menjalani prosedur pemeriksaan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Dalam perkembangannya, pengobatan malaria masih sama dengan sebelumnya. Pasien akan diberikan obat hingga dinyatakan kondisinya membaik. Pengobatan juga dilakukan menyesuaikan tingkat keparahan. Sebab, malaria, sebut dia, memiliki banyak jenis. Antara lain Plasmodium vivax, Plasmodium ovale, Plasmodium malariae, Plasmodium knowlesi, dan Plasmodium falciparum.

“Dalam kondisi pandemi, jika seorang pasien juga ternyata memiliki malaria, maka pengobatannya dilakukan berjalan bersama-sama,” ungkapnya. (arf)

Kasus Malaria di Kaltim Tahn 2020.

  1. Penajam Paser Utara 2.055
  2. Kutai Barat 1.270
  3. Paser 864
  4. Kutai Timur 775
  5. Berau 419
  6. Kutai Kartanegara 331
  7. Samarinda 126
  8. Balikpapan 100
  9. Mahakam Ulu 69
  10. Bontang 16

Total : 6.025

Sumber : Badan Statistik Kaltim.


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.