Tiga Belas Wisudawan UNRIYO Asal Kaltim Raih Cumlaude

April 8, 2021 by  
Filed under Berita

SLEMAN – Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) menggelar acara wisuda periode I tahun 2021 di Sahid Raya Hotel and Covention Babarsari, Selasa (06/04/2021). Wisuda UNRIYO ke-22 ini dilaksanakan secara secara daring dan luring serta diikuti oleh 614 wisudawan dari 13 program studi.

Sebelum acara Wisuda dimulai, seluruh pimpinan, panitia dan peserta wisuda telah menjalani test GeNose yang bekerjasama dengan Tim dari RSUP dr Sardjito Yogyakarta. Sehingga seluruh yang hadir dalam prosesi wisuda ini telah dipastikan negatif dari Covid-19.

Sebanyak 75 mahasiswa UNRIYO asal Kalimantan Timur turut diwisuda kali ini. Sebanyak 13 lulusan meraih predikat cumlaude dimana dua diantaranya merupakan lulusan terbaik pada program studinya, masing-masing Meirieska Paradhita dari Prodi Kesehatan Masyarakat Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan dengan IPK 3.90 dan Desti Tri Wahyuni dari Prodi Kebidanan Program Diploma Tiga Fakultas Ilmu Kesehatan dengan IPK 3.76.

Wisuda luring dipimpin langsung oleh Ketua Senat UNRIYO, Dr Ariyanto Nugroho, SKM, M.Sc dalam sidang senat terbuka yang digelar secara singkat dengan protokol kesehatan ketat. Agar physical distancing terpenuhi, maka acara hanya diikuti oleh wisudawan saja tanpa didampingi oleh orangtua atau wali. Demikian pula dengan tamu undangan hanya dihadiri oleh Ketua Yayasan Tony Sugiarso, SE., M.Kom saja.

Prosesi wisuda ditandai dengan pemindahan kucir dan penyerahan ijazah kepada wisudawan terbaik masing-masing program studi yang kemudian dikuti oleh para wisudawan lainnya. Sedangkan wisuda daring dilaksanakan melalui Zoom dan dapat diakses bebas oleh para orangtua, tamu undangan serta masyarakat melalui YouTube.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Fransiska Lanni, MS menyampaikan dari 614 wisudawan pada periode ini, 139 lulusan diantaranya menyandang predikat cumlaude. IPK tertinggi diraih oleh Gusti Ayu Saraswati asal Sulawesi Tengah dari Program Studi Keperawatan Program Sarjana dengan IPK 4.

“Para wisudawan dengan IPK tertinggi pada masing-masing program studi kali ini ternyata berasal dari putra-putri daerah. Para wisudawan setelah lulus dapat kembali ke daerah dan membangun wilayah masing-masing serta menjadi agen pembaharu,” kata Lanni.

Lanni mengatakan hingga saat ini UNRIYO telah meluluskan lebih dari 10.000 lulusan yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan beberapa diantaranya dari luar negeri. Saat ini alumni UNRIYO telah banyak menduduki posisi penting dalam pemerintahan, BMUN maupun swasta dan berwirausahawan.

Beberapa alumni UNRIYO telah meniti karir di luar negeri baik di Taiwan, Hongkong dan Jepang. Sebagian pula berkesempatan melakukan studi lanjut diluar negeri baik pada jejang S-2 dan S-3. Salah satunya Putra Wanda, alumni Prodi Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UNRIYO yang telah menyelesaikan studi program doktoral di Harbin University of Science and Technology China Dalam usia muda dengan predikat cumlaude.

Pada akhir acara, dilakukan serah terima daftar alumni kepada Ketua Ikatan Keluarga Alumni Respati (IKA Respati) Tinton Pratama, S.Ikom. IKA Respati diharapkan bisa menjadi wadah bagi alumni untuk tetap berkomunikasi dan saling bertukar informasi yang bermanfaat bagi alumni. (**)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.