Kebutuhan Pokok Dijamin Aman Selama Ramadan Hingga Lebaran

April 8, 2021 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA – Menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional Tahun 2021, Bagian Ekonomi dan SDA Sekretariat Daerah (Setda) Kota Samarinda mengadakan Rapat Koordinasi Stabilisasi Harga dan Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok dan Penting (Bapokting), di Ruang Rapat Utama Wali Kota Lantai II Balaikota Samarinda, Selasa (06/04/2021). Rapat tersebut dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Samarinda Sugeng Chairuddin. Dari laporan Bank Indonesia (BI), inflansi Kota Samarinda tahun 2021 cenderung stabil.

Sugeng menjelaskan, dari laporan yang diterima, Pemkot Samarinda mempunyai gambaran untuk mengantisipasi kemungkinan kelangkaan barang di pasaran,” jelas Sugeng saat membuka rapat.

Sementara itu, Jamrani mewakili Bulog Kantor Cabang Samarinda mengatakan ketersediaan komoditas beras, minyak goreng, gula, terigu, daging sapi, dan daging kerbau saat ini aman. Bila ada kekurangan, Bulog siap mendapat kiriman dari kanwil lainnya. Menanggapi musim panen tahun 2021 ini, Bulog juga berencana menyerap beras lokal. Stabilitas harga juga dilakukan dengan mengikuti kegiatan pasar murah baik yang diselenggarakan oleh Provinsi Kaltim maupun Kota Samarinda. Untuk pendistribusiannya, Bulog bekerja sama dengan agen-agen di pasar Kota Samarinda dan siap mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Pemkot Samarinda seperti operasi pasar.

“Jadi untuk 2 sampai 3 bulan ke depan ketersediaan bahan pokok aman,” terangnya.

Selama bulanRamadan, ketersediaan BBM dan Elpiji 3 kg dijamin aman. Saat ini seluruh SPBU di Kota Samarinda bisa termonitor secara digitalisasi online dengan Pertamina. Sehingga bila ada kekosongan segera dikirim. Menjelang Puasa dan Lebaran nanti Pertamina juga membentuk Satgas Idulfitri dengan tujuan untuk memonitor terus peredaran BBM di Kota Samarinda. Sedangkan Elpiji 3 kg juga dilaporkan aman sesuai kuota untuk Kota Samarinda. Bahkan mengalami peningkatan lebih tinggi permintaannya dari pada tahun sebelumnya.

“ Sedangkan untuk mengantisipasi kelangkaan menjelang hari besar tahun 2021, akan diadakan penambahan kuota di agen-agen Elpiji. Semoga tidak ada cuaca ekstrem supaya pengiriman tetap lancar,” harap Satrio, mewakili Pertamina.

Sedangkan kebutuhan ikan saat ini akan mengalami peningkatan permintaan di awal bulan Ramadan, namun stabil kembali minggu kedua sampai Lebaran. Bila hasil tangkapan menurun, diharapkan pembudi daya ikan juga bisa panen besar sehingga bisa menutupi kebutuhan ikan di masyarakat.

Sementara itu BPPOM Kota Samarinda juga mengapresiasi dan siap mengawal operasi pasar yang dilakukan Pemkot Samarinda dengan siap menurunkan pengawasan langsung di lapangan dan menyediakan mobil lab keliling untuk tes bahan makanan di lapangan. PDPAU juga menyatakan ketersediaan ayam beku dirasa masih aman sampai lebaran. (*/man)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.