Kunjungan Menteri LHK Tunjukkan Keseriusan Pemerintah Bangun IKN

April 4, 2021 by  
Filed under Serba-Serbi

Penajam – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nubaya Bakar mengunjungi lokasi pembangunan pusat gedung pemerintahan calon Ibu Kota Negara (IKN) baru, di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Sabtu (3/4/2021).

Kunjungan Menteri LHK ini dimaksudkan melihat kondisi lingkungan di IKN dan hutan mangorove yang ada Pulau Kalimantan khususnya Kaltim. Pasalnya, lingkungan merupakan hal penting dalam keberlangsungan hidup tidak hanya manusia, tetapi juga hewan dan tumbuhan.

Menurut Siti Nurbaya Bakar faktor lingkungan menjadi alasan utama rencana pemindahan IKN ke Kaltim. Minimnya, ruang terbuka hijau sebagai kawasan resapan air tidak berbanding lurus dengan laju pertumbuhan penduduk dan pembangunan infrastruktur.

Hal tersebut menyebabkan munculnya sejumlah persoalan lingkungan seperti banjir hingga semakin minimnya ketersediaan air bersih bagi penduduk. Padahal, air merupakan kebutuhan utama dan mendasar tiap manusia.

Siti beralasan dalam proses pembangunan IKN pemerintah tidak hanya berfokus kepada infrastruktur fisik semata melainkan aspek lingkungan juga menjadi perhatian serius. Bagaimana menciptakan lokasi IKN menjadi daerah berkembang yang berwawasan lingkungan.

“Kita sudah lihat, tentu akan menjadi evaluasi. Mana saja spot spot yang berlubang akan segera dilakukan penghijauan tidak hanya di lokasi IKN saja tetapi juga nanti kita lihat bagaimana mangrove dan kawasan delta,” sebutnya.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun yang turut mendampingi mengapresiasi kunjungan Menteri LHK tersebut dan menyebutnya sebagai perhatian terhadap percepatan proses pembangunan IKN terlebih dari segi lingkungan.

Menurutnya, pemerintah provinsi dan daerah akan berupaya maksimal menyiapkan segala keperluan pendukung termasuk penghijauan lahan di sekitar lokasi IKN dengan terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari langkah serius pemerintah yang menargetkan kembali dimulainya proses pembangunan IKN di tahun ini. Tentu melalui proses perancangan yang matang baik sisi infrastruktur dan lingkungan maka hasilnya akan maksimal,” tuturnya. (*/adv)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.