ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Wakil Walikota Samarinda Panen Cabe di Simpang Pasir

March 23, 2021 by  
Filed under Nusantara

Share this news

SAMARINDA. Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi melakukan panen cabai kelompok tani Karya Mandiri Kelurahan Simpang Pasir, Kecamatan Palaran, Senin (21/3/2021). Cabe yang dipanen ditanam di tanah seluas 20×60 meter milik pribadi dari kelompok Tani Karya Mandiri.

Rusmadi menyampaikan, walaupun Samarinda sebagai kota jasa dan perindustrian, pertanian terus berjalan. Karena ia meminta lahan pertanian yang produktif tetap terus dijaga

“Jangan berganti beton atau peruntukan lainnya,” tegas Rusmadi.

Ia mengaku merasa senang dan bahagia bisa bersama-sama memanen cabai. Ia berharap petani lainnya bisa juga ikut menanam jenis seperti ini.

“Khusus cabe mestinya harus menjadi gerakan bagi kita. Terlebih Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan. Apalagi menjelang puasa,” kata Rusmadi yang pernah menjabat Dekan Fakultas Pertanian Unmul.

Menurutnya ini penting, karena cabe merupakan komoditas yang berpengaruh terhadap inflasi. Saat ini komoditas cabe, ayam potong, bawang putih, bawang merah masih didatangkan dari luar daerah.

“Padahal kita masih ada lahan-lahan luas. Kalau masih mendatangkan dari luar berarti Dinas terkait tidak maksimal bekerja,” imbuh ketua IKA Unmul Fakultas Pertanian.

Rusmadi meminta Fakultas Pertanian agar dibangun pilot project bersama Dinas Pertanian dan Dinas Ketahanan Pangan.

Apresiasi juga disampaikan anggota DPRD Samarinda Laila Fatihah dan Jasno.

“Sebagai anggota dari Dapil Palaran, Samarinda Seberang dan Loa Janan Ilir, yang mana merupakan kawasan pertanian. Mulai dari periode sebelumnya kami selalu komitmen mensupport melalui dukungan penganggaran. Tentunya kami bangga kalau pertanian di sini terus maju dan petani sejahtera,” ungkap Laila yang juga dari Komisi II.

Ia berjanji akan mensupport melalui Pokirnya. Namun ia meminta komitmen petani agar bantuan tidak terus menerus, tapi sampai bisa mandiri.

Jasno pun mendukung program 100 hari kerja termasuk di program pertanian. Namun diharapkannya semangat terus.Ia juga meminta agar Dinas Pertanian terus hadir bersama petani. (*/adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.