Sebanyak 29 Wartawan Ikuti UKW di Tenggarong

March 22, 2021 by  
Filed under Berita

Tenggarong – Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono membuka pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Ke-20 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim di Aula Pendopo Wakil Bupati Kukar , Sabtu (20/3/2021)

UKW ini diselenggarakan PWI Kabupaten Kurtanegara dengan jumlag peserta yang mendaftar sebanyak 30 orang terdiri dari 18 wartawan muda, 6 wartawan madya dan 6 wartawan utama.

Ketua PWI Kukar Desman Minang Endiyanto dalam menyampaikan, pelaksanaan UKW akhirnya hanya diikuti sebanyak 29 peserta karena satu orang mengundurkan diri. UKW ini terbagi dalam 5 kelas masing-masing 1 kelas utama, 1 kelas madya dan 3 kelas muda.

Fathurahman, penguji dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi wartawan ini adalah media pers untuk menuju pers yang baik dan profesional.

“Sejak tahun 2011 UKW merupakan sarana untuk menjadikan sebuah media massa terverifikasi, dimulai dari wartawan yang harus memiliki kompetensi. Pelaksanaan UKW di Tenggarong ini merupakan UKW ke-518 di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Ditambahkan Fathurahman, UKW bertujuan untuk menjaga marwah organisasi dan menjadikan sebuah media massa terpercaya bagi setiap pembacanya. Ia berharap seorang wartawan menjadi lebih profesional saat menjalankan tugas jurnalistik setelah mengikuti UKW,

“Karena seluruh mata ujian dalam uji kompetensi ini tidak saja tentang bagaimana wartawan mencari dan menuliskan berita, tetapi juga mengetahui tentang kode etik wartawan dan sikap menjadi seorang wartawan yang baik,” ujar Fathurahman.

Sementara itu Ketua PWI Kaltim, Endro S Efendi mengucapkan terima kasih kepada PWI Kutai Kartanegara yang telah berhasil melaksanakan UKW ke-3 di Kukar atau UKW ke-20 di Kaltim. Dukungan dari berbagai pihak sangat membantu menjadikan wartawan di Kukar menjadi lebih baik.

Endro menjelaskan dalam uji kompetensi tidak ada istilah tidak lulus bagi wartawan yang belum memenuhi standar mata ujian. Tetapi istilah yang digunakan adalah belum kompeten. Sehingga wartawan yang belum kompeten ini dapat belajar kembali dan dapat mengikuti ujian serupa dalam masa enam bulan ke depan.

“Pada bulan Juni nanti PWI Kaltim bersama Dewan Pers akan melaksanakan UKW lagi dengan kuota peserta sebanyak 54 orang wartawan. Nantinya akan ada dua kelas jenjang utama, dua kelas jenjang madya dan lima kelas untuk wartawan muda,” jelas Endro

Dalam setiap UKW, ada tiga tingkatan ujian yaitu untuk muda adalah wartawan yang bertugas mencari berita di lapangan, jenjang madya adalah wartawan yang menyeleksi kelayakan berita dan wartawan utama yang menentukan perencanaan isi pemberitaan.

Penguji dalam UKW di Kutai Kartanegara yaitu Hendry CH Bangun, Fathurahman, M Haris Sodikin dan Endro S Efendidan Eko Pamuji.

Sebanyak 26 peserta dinyatakan kompeten sedangkan 3 peserta masing-masing 2 dari jenjang muda dan 1 dari jenjang madya dinyatakan masih belum kompeten pada pelaksanaan UKW yang berakhir Minggu, (21/3/2021). (yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.