MTQ XVI Tingkat Kabupaten PPU Dirangkai Pelantikan Dewan Hakim

February 22, 2021 by  
Filed under PPU

Vivaborneo.com, Penajam – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XVI Tingkat Kabupaten di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dilakukan secara virtual. Acara ini bertujuan menegakkan nilai-nilai syi’ar Islam yang terkandung dalam Kalam Illahi, yang diselenggarakan di Masjid Agung Al-Ikhlas Nipah Nipah, Senin(22/02/2021). Pembukaan MTQ ke XVI dirangkai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah Dewan Hakim Tilawatil Qur’an.

Dalam sambutannya Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Muliadi mengatakan Dewan Hakim adalah figur terpercaya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang akan menentukan hasil dari pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten PPU di tahun 2021 ini. Seperti diketahui tugas beserta tanggung jawab tersebut tentunya tidak mudah karena berkaitan dengan harapan berbagai pihak.

“Saya yakin Dewan Hakim yang terpilih merupakan orang yang mempunyai kompetensi dan mampu melaksanakan tugas secara obyektif dan professional. Semoga amanah yang telah diberikan dapat dipertanggung jawabkan baik secara pribadi, pada masyarakat dan utamanya pada Allah SWT,”ucapnya.

Muliadi juga menjelaskan, MTQ ini merupakan kegiatan yang telah menjadi agenda tahunan dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa. Namun jangan dianggap bahwa ini sebuah tradisi tanpa ada pesan dakwah Islam didalamnya. Bahkan tujuannya selain memberikan yang terbaik bagi daerah juga peningkatan minat generasi muda dalam membaca Al-qur’an serta akan menambah pengetahuan masyarakat akan pentingnya Al-qur’an.

“Sesuai dengan tema MTQ tahun ini yaitu Melalui MTQ XVI Kita Bangun Generasi Our’ani yang Maju, Modern dan Religius, Sehingga pelaksanaan MTQ diharapkan semakin berkualitas dan mengalami peningkatan dalam semua aspeknya,” terangnya.

Muliadi mengharapkan, perhatian dari semua pihak, terutama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) sebagai lembaga yang berkompeten dalam pengembangan kegiatan Tilawatil Quran, bahwa kualitas perhakiman, sistem penilaian dan pelaksanaan MTQ harus makin baik dari waktu ke waktu.

“Dengan tujuan ke depan diharapkan LPTQ mampu menggali potensinya. Karena saya yakin seluruh kecamatan yang ada di kabupaten ini memiliki potensi yang sama dalam hal kualitas sumber daya manusia guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara yang maju, modern dan religius dalam kehidupan yang damai, berkeadilan dan sejahtera,” harapnya.

Diakhir sambutan, Sekda PPU itu pun berpesan kepada para kafilah yang akan bertanding semoga keikutsertaan dalam MTQ kali ini dapat membawa manfaat dan maslahat, tidak hanya bagi pribadi saja, tetapi juga masyarakat luas yang ada di Kabupaten PPU .

“Kepada panitia penyelenggara, Dewan Hakim dan semua pihak yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan penyelenggaraan seluruh rangkaian MTQ ditengah new normal covid-19 ini. Pertahankan terus semangat ini, mudah-mudahan pengorbanan tersebut akan menjadi amal saleh bagi kita dan mendapat barokah dari Allah SWT,” ujarnya.

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.