Penggalangan Dana di Masyarakat Perlu Perhatian Pemerintah

February 19, 2021 by  
Filed under Serba-Serbi

TARAKAN – Pemungutan dana sumbangan sukarela ke masyarakat yang marak saat ini perlu mendapat perhatian khusus Pemerintah Kota Tarakan. Bencana alam seperti banjir, gempa bumi dan tanah longsor serta bencana kebakaran menjadi momentum untuk menggalang dana dari masyarakat. Penggalangan dana ini merupakan bentuk inisiatif dan kepedulian masyarakat .

Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan Arbain mengatakan, belum bisa memantau secara pasti kelompok yang turun ke jalan.

“Seharusnya jika ada kegiatan penggalangan dana yang melibatkan masyarakat,harus melapor ke Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tarakan” kata Arbain di ruang kerjanya, Kamis (18/2/2021)

Saat ini banyak kelompok masyarakat yang melakukan penggalangan dana korban bencana turun operasional ke jalan tanpa memberi tahu Pemerintah Kota.

Arbain mengkhawatirkan ada kelompok tertentu yang memanfaat situasi dengan alasan peduli korban bencana seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi dan kebakaran.

Meski begitu, ada beberapa organisasi yang melaporkan kegiatan pengumpulan dana seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang menggalang dana di Simpang Tiga Tarakan yakni Jalan Yos Sudarso dan lampu merah Ladang Tarakan dan daerah Markoni, Jalan Jendral Sudirman Tarakan.

Arbain berharap kelompok yang menggalang dana harus mengikuti aturan Kementerian Sosial.

“Masyarakat tidak bisa melakukan sesuka sukanya dalam penggalangan dana. Hendaknya hasil penggalangan dan pengumpulan dana dilaporkan jumlahnya serta penyalurannya,” kata Arbain. (wal)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.