Ketua TP PKK Kaltim Tegaskan Bersinergi Wujudkan Bangga Kencana

February 19, 2021 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SAMARINDA -Ketua TP PKK Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor memastikan organisasi yang dipimpinnya akan bersama pemerintah untuk mewujudkan sukses pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) di Kaltim.

Penegasan itu disampaikan istri Gubernur Kaltim H Isran Noor itu saat menjadi narasumber pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dan Rapat Koordinasi Teknis (Rakernis) Bangga Kencana Tingkat Provinsi Kaltim Tahun 2021 di Perwakilan BKKBN Kaltim Jalan MT Haryono Samarinda, Kamis (18/2/2021).

“PKK adalah mitra pemerintah. Kami akan berperan aktif dalam mendukung pergerakan Program Bangga Kencana dan penurunan angka stunting di Kalimantan Timur,” tegas Norbaiti penuh semangat.

Norbaiti menjelaskan, gerakan PKK merupakan gerakan nasional dengan organisasi yang terstruktur mulai tingkat pusat hingga kelurahan dan desa. PKK adalah mitra pemerintah yang memiliki fungsi fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak di masing-masing jenjang.

“Tujuan kehadiran PKK adalah keluarga sejahtera, maju dan mandiri. Karena itu, kami sangat mendukung Program Bangga Kencana ini dan selama ini sinergi sudah kita jalankan dengan baik,” jelas Norbaiti.

Khusus dalam urusan revitalisasi keluarga berencana misalnya, PKK telah memiliki rencana aksi meliputi kegiatan mengaktifkan kembali dasawisma untuk melakukan pendataan keluarga yang ikut program KB, mengaktifkan penyuluhan dan penggerakan kepesertaan KB.

Tujuannya agar masyarakat bisa segera mengenali masalah mereka, cepat mengambil keputusan dan mudah dalam akses pelayanan KB. Masalah umum yang biasanya menjadi pemicu mereka tidak ber-KB antara lain masalah keluarga, ekonomi, budaya, agama dan lain-lain.

“Kami juga punya target, kepesertaan KB aktif lebih dari 80 persen,” tegas Norbaiti.

PKK juga memiliki dasar hukum yang kuat yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan PKK. Secara nasional, organisasi ini dikenal dengan 10 Program Pokok PKKnya.

Rapat ini digelar secara hybrid, daring dan luring melalui virtual meeting. Acara dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim HM Jauhar Efendi, mewakili Gubernur dan keynote speech oleh Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo. Rapat juga dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Muhammad Edi Muin. (sam)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.