Sekata Medical Center Layani PCR dengan Alat Milik Sendiri

February 4, 2021 by  
Filed under Kesehatan

SAMARINDA –Masyarakat Samarinda tidak perlu harus antri di Rumah Sakit atau Bapelkes, untuk mendapatkan layanan Sweb PCR (polymerase chain reaction) yaitu pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus yang ada dalam tubuh manusia, cukup datang ke Sekata Medical Center yang terletak di Jalan P. Suryanata Air Putih Samarinda, sekitar 200 meter dari simpang empat air putih.

“Di Samarinda selama ini yang punya alat PCR hanya rumah sakit. Sekata Medical Center baru satu-satunya poliklinik yang memiliki alat PCR. Sehingga jika ada yang meminta test PCR pekerjaannya tidak perlu dirujuk ketempat lain, langsung bisa ditangani sendiri, sehingga cepat selesai, dan bisa memberikan hasil 1x 24 jam”, jelas dr. Desi .Nurhuda penanggung jawab Klinik Sekata Medical Center.

Dijelaskan Desi, jika pasien memerlukan cepat hasil PCR ambil sampel pagi, sore bisa diketahui hasilnya. Namun pelayanan standar Sekata 1×24 jam untuk mengantisipasi ada halangan yang tidak terduga.

Sesi pengambilan sampel setiap hari ada dua sesi, mulai dari Senin sampai dengan Sabtu. Untuk sesi pagi pendaftaran dan pengambilan sampel jam 08.00 hingga jam 10.00. Sesi siang pendaftaran dan pengambilan sampel jam 13.00 hingga jam 16.00. Sampelnya diambil dari hidung dan dari mulut.

“Setiap pasien diambil sampel maka pada saat itu juga sudah bisa langsung dikerjakan”, jelas Desi.

Menurutnya, dalam satu kali pekerjaan alat PCR yang dimiliki Sekala Medical Center mampu memeriksa 99 sample sekaligus.

“Jika sampel yang masuk lebih dari 99, maka harus dua kali pekerjaan. Jam 11.00 mulai pemeriksaan, waktu normal selesai pekerjaan pemeriksaan sampel sekitar 5 jam selesai..” jelasya.

Selain melayani PCR, Sekata Medical Center juga melayani Rapid Antigen. Untuk proses pekerjaan antara 15-20 menit.

“Jika tidak banyak antrian, maka 30 menit sudah bisa terima hasilnya. Namun jika pasien banyak, harus sabar menunggu”, jelasnya.

Menurut Lukman Hakim, owner Sekala Medical Center, kelebihan Alat PCR yang dimiliki oleh Sekata Medical Center adalah memiliki akurasi 99 persen.

“Alat yang kami miliki langsung di import dari German dan memiliki akurasi 99 persen. Minim sekali negative false, apalagi positif false.”, jelas Lukman Hakim.

Untuk tarif pelaksanaan PCR di Sekata hanya Rp.900 ribu. Sementara untuk antigen Rp230 ribu.

“Harga ini relatif murah untuk wilayah Samarinda,” jelas Lukman.

Sekata Medical Center juga melayani pengambilan sampel ditempat. Pasien tidak perlu datang ke klinik. Petugas akan mendatangi ke tempat pasien.

“Misalnya perusahaan yang memerlukan test PCR untuk karyawan, kita bisa kirim petugas ke perusahaan tersebut dan ambil sampel disana, sehingga waktunya tidak terbuang harus menuju ke klinik”, jelas Lukman. (vb-01)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.