ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

KPU Kubar Tetapkan Pasangan Yapan – Edyanto Pemenang Pilkada 2020

January 23, 2021 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

Kelima Komisioner KPU Kubar, menandatangani berita acara penetapan, Jumat (22/1/2021)

SENDAWAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), secara resmi menetapkan pasangan FX. Yapan – H. Edyanto Arkan (Yakan) sebagai pemenang peserta pemilu serentak 2020 sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah melalui rapat pleno terbuka pada Jumat (22/1/2021) di halaman kantor KPU Kubar.

Pelaksanaan pleno terbuka hanya dihadiri ketua tim sukses pemenangan didampingi sekretarisnya, serta Liaison Officer (LO), Bawaslu serta para undangan Sekdakab, Dandim, Kapolres, Kejaksaan, Dinas Kesehatan, satpol PP, Kesbang Pol, dengan tetap mengedepankan ptotokol kesehatan dalam pandemi covid 19.

Ketua KPU Kubar Arkadius Hanye mengatakan, setelah mendapatkan surat dari KPU RI untuk menetapkan calon terpilih, KPU Kubar langsung menggelar rapat pleno terbuka menetapkan pasangan calon FX Yapan dan H Edyanto Arkan sebagai calon terpilih hasil pemilu serentak Desember 2020 lalu. Pasangan ini terpilih sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah Kubar dengan perolehan sebanyak 49.141 suara, unggul dari lawannya Paslon Martinus Herman Kenton – H. Abdul Aziz (Gerbang MAS) dengan perolehan 31.240 suara.

“Kita sudah melaksanakan Pleno terbuka penetapan calon terpilih dimulai pukul 10.30 Wita berjalan dengan aman dan tertib, tetap mengacu kepada protokol covid 19,”ujar Arkadius Hanye saat ditemui para awak media usai pleno.

Dijelaskan Hanye, setelah KPU RI memperoleh keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 20 Januari 2021, selanjutnya pada hari itu juga KPU RI meneruskan ke KPU Kubar untuk segera melakukan penetapan dengan waktu paling lama 5 hari setelah diterimanya surat keputusan tersebut.

“Setelah kita buka isinya tidak didapati atau masuk registrasi BRPK terkait adanya perselisihan hasil pemilu itu,”ujarnya.

Riduai Ketua tim sukses paslon Yakan, yang juga ketua DPR Kubar mewakili calon terpilih FX.Yapan – H. Edyanto Arkan yang tidak bisa hadir. Ia menyampaikan sangat bersyukur dengan ditetapkannya pasangan Yakan sebagai kepala daerah dengan melalui proses yang cukup panjang dimasa pandemi covid 19.

“Kami sangat bersyukur Pasangan Yakan sudah ditetapkan sebagai pemenang pemilu serentak 2020 lalu,”ujar Riduai.

Ia mengucapkan banyak terima kasih kepada para pihak penyelenggara dan juga semua instansi terkait dalam penyelenggaraan pemilu hingga ditetapkannya, begitu juga dengan pihak aparat keamanan Kodim 0912/KBR, Polres Kubar yang sudah menjaga jalannya pilkada hingga terselenggara dengan aman, damai dan kondusif.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak hingga pilkada berjalan aman dan kondusif hingga penetapan hari ini ,”ungkap Riduai. (arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.