ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

dr. Reisa : Inilah Lokasi Yang Harus Perketat Penggunaan Masker

January 23, 2021 by  
Filed under Kesehatan

Share this news

vivaborneo.com – Masih tingginya angka penularan covid-19 di Indonesia termasuk di propinsi Kaltim, salah satu penyebabnya adalah rendahnya tingkat kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan 3 M yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak (tidak berkerumun).

“Daerah-daerah yang diduga terjadi transmisi SARS-CoV-2, yang merupakan virus penyebab COVID-19. Baik itu di zona merah maupun kuning penyebaran corona, wajib memakai masker,” ujar dr. Reisa-Juru bicara Satgas Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (22/1/2021).

dr. Reisa

Reisa mengungkapkan hasil riset Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait efektivitas penggunaan masker yang sangat ampuh mencegah tertular virus corona. WHO menganjurkan untuk menggunakan masker secara disiplin dan ketat pada situasi-situasi tertentu, yakni:

Di dalam ruangan yang ventilasinya diketahui tidak baik, dan upaya penjagaan jaga jarak minimal 1 meter tidak dapat dilakukan. Di dalam rumah, saat ada tamu dari luar rumah dan ventilasi tidak baik dan penjagaan jarak fisik minimal 1 meter tidak dapat dilakukan. Di luar rumah, pada saat jaga jarak minimal 1 meter tidak dapat dilakukan.

Kemudian, masker juga wajib dipakai terutama pada orang-orang yang rentan dan berisiko tinggi tertular corona. Seperti orang-orang yang berusia di atas 60 tahun, atau orang-orang yang memiliki kondisi penyakit seperti kardiovaskular, diabetes melitus, paru kronis, kanker, cerebrovascular atau imunosupresi.

“Memakai masker dengan kualitas yang baik dapat melindungi diri dari mikrodroplets, sekalipun berada di ruangan sempit dan berventilasi buruk,” ungkapnya.

Bahkan, Menurut Reisa masker yang baik kualitasnya akan melindungi dari mikrodroplets, yakni percikan yang sangat kecil, yang dapat melayang di ruangan sempit dan berventilasi buruk. Atau penyebaran terbatas secara aerosol.

Termasuk wajib mengenakan masker pada daerah-daerah yang diduga terjadi transmisi SARS-CoV-2, yang merupakan virus penyebab COVID-19. Baik itu di zona merah maupun kuning penyebaran corona.

“Dan jika masker medis tidak tersedia, maka masker kainlah harus dipilih yang memenuhi spesifikasi, yakni masker kain tiga lapis. Dan ingat, memakai masker dan kombinasi menjaga jarak dan cuci tangan akan menurunkan risiko penularan drastis sampai ke tingkat terendah,” tutup Reisa.

Lindungi diri anda, keluarga dan orang tersayang dari penularan penyakit Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak atau tidak berkerumun. (Hel)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.