Kompleks Stadion Sempaja Dibuka Dengan Pembatasan dan Protokol Kesehatan Ketat

January 8, 2021 by  
Filed under Berita

SAMARINDA – Setelah 10 bulan ditutup akibat pandemi Covid-19, akhirnya Komplek Stadion Madya Sempaja kembali dibuka, dengan pembatasan dan protokol kesehatan ketat. Pembukaan Stadion milik Pemprov Kaltim yang berada di pusat kota Samarinda ini merupakan permintaan KONI, altet, dan warga Samarinda yang ingin berolahraga.

“Sama seperti propinsi lainnya di Indonesia, stadion dibuka dengan pembatasan. Hanya untuk atlet yang akan berlaga di PON Papua dan warga yang ingin berolahraga untuk menjaga kebugaran dan kesehatan fisik, dengan catatan disiplin protokol kesehatan ” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Agus Tianur, Rabu (6/1/2021).

Dikatakannya, Kota Samarinda ini sangat kurang ruang terbuka untuk warga berolahraga. Saat stadion sempaja ditutup. Justeru warga berolahraga menumpuk berkerumun di Taman Samarendah dan di Bukit Alaya .

“Dengan dibukanya stadion Sempaja, warga yang berolahraga kita akan kontrol, kita mendidik warga olahraga dengan mengubah prilaku dengan new normal protokol kesehatan,”ujar Agus.

Adapun kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda mulai dibuka hari Kamis (7/1/2021). Area yang dibuka terbatas untuk lingkar stadion mulai pukul 06.00-09.00 Wita dan pukul 15.30-18.00 Wita. Jumlah warga yang boleh masuk dibatasi dan harus menerapkan protokol kesehatan. Mulai menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker. Jika ada yang tidak memakai masker, maka dipastikan petugas tidak akan mengizinkan masuk komplek stadion.

Agus Tianur menyebut dibukanya Kompleks Stadion Sempaja Samarinda untuk kegiatan olahraga sudah mendapat restu dari Pemprov Kaltim dan dikoordiansikan dengan Satgas Covid-19 Kaltim dan Samarinda. Selanjutnya, pihaknya akan mengawasi dengan ketat pelaksanaan protokol kesehatan selama kegiatan warga di Kompleks Stadion Madya Sempaja.

Lebih lanjut dikatakan, Komplek Stadion Madya Sempaja tidak dibuka seperti dalam keadaan normal. Stadion murni hanya dibuka untuk kegiatan olahraga. Adapun kuliner, acara pesta pernikahan, konser musik dan senam masal yang kerap digelar di stadion tersebut untuk sementara waktu masih ditiadakan.

“Murni untuk olahraga outdoor, untuk venue indoor tetap kami tutup dan kami minta tidak ada aktivitas berkerumun, karena petugas kami akan berpatroli mengawasi warga berolahraga,” harapnya.

Kompek Stadion Madya Sempaja merupakan sebuah stadion yang berada di wilayah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, tepatnya di kawasan Sempaja Selatan, Samarinda Utara. Stadion ini memiliki kapasitas sekitar 15.000 penonton. Stadion ini memliki fasilitas yang bagus dan karena itu pula menjadikannya terpilih menjadi stadion terbaik Divisi I Liga Indonesia 2007. Di wilayah komplek ini terdapat hotel atlet yang fungsinya sebagai tempat menginap bagi atlet-atlet yang bertanding di Stadion Sempaja. (hel)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.