Saat Pandemi, PT Pamapersada Nusantara Distrik Kubar Konsisten Berbagi

January 3, 2021 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

SENDAWAR – Perusahaan tambang batubara, PT. Pamapersada Nusantara distrik Kutai Barat (Kubar) yang perduli terhadap lingkungan sekitar dan selalu berbagi dengan anak yatim, kaum duafa, serta anak-anak Taman Pengajian Alquran (TPA) dan Pusat Pengembangan Anak (PPA).

Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) bekejasama dengan Asksi Solidaritas Karyawan (ASOKA) selalu berbagi setiap bulan sekali.

Departement Head (Dept. Head) CSR Pama Dominico Savio Sandi Sarkoro, atau akrab di panggil Sandi mengatakan, kegiatan sosial yang dilakukan secara rutin setiap bulan oleh PT Pama dengan memberikan santunan kepada anak yatim yang merupakan program mandatory dari perusahaan sebagai kegiatan dibidang sosial.

“Kita sempat terhenti melakukan kegiatan santunan demi mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Pemda Kutai Barat melalui tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 yang melarang kegiatan untuk mengumpulkan orang dalam jumlah banyak,”ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah melewati berbagai pertimbangan, CSR PAMA Kubar memutuskan untuk tetap melakukan kegiatan dengan mempertimbangkan kondisi pandemi saat ini bantuan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Agar dapat berjalan, maka perlu dilakukan konsep sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19.

“Kita akhirnya tetap melakukan santunan dengan konsep tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, dan hanya mengundang perwakilan penerima   santunan agar tidak mengumpulkan orang banyak,” tuturnya.

Ia menjelaskan, selain secara konsep pelaksanaan, kegiatan santunan ini juga melibatkan seluruh karyawan PT Pamapersada Nusantara Kubar melalui program ASOKA (Aksi Solidaritas karyawan). Santunan yang diberikan nantinya merupakan hasil dana yang dikumpulkan secara sukarela oleh karyawan PT PAMA. Dengan cara demikian maka dana yang dikumpulkan menjadi lebih banyak dan akan menambah jumlah penerima santunan.

“Kita melakukan santunan ini antara Perusahaan dan ASOKA telah dilaksanakan sejak Juni 2020 hingga Desember 2020,”jelasnya.

Dikatakan Sandi, santunan yang dibagikan tersebar dibeberapa titik di Kutai Barat. Untuk program ini juga diarahkan kepada Pondok Pesantren, TPA (Taman Pengajian Al-quran), dan PPA (Pusat Pengembangan Anak) di area operasional perusahaan. Kegiatan inipun menjadi kegiatan sosial yang rutin dilakukan tiap minggu

“Untuk kegiatan Asoka ini kita secara total telah menyantuni sebanyak kurang lebih 3.431 Anak yang tersebar dari beberapa kecamatan dan Kampung di Kutai Barat,”ungkapnya.

Lanjutnya, mulai dari Kecamatan Bentian, Muara Lawa, Damai, Barong Tongkok, hingga Kecamatan Melak. Selain berbentuk santunan untuk anak-anak, kegiatan Asoka juga bersosial untuk kegiatan bencana seperti Bantuan untuk korban Banjir di Masamba dan bantuan untuk korban kebakaran di Kampung Jerang Dayak, Peninggir Kecamatan Muara Pahu.

Tujuan dari kegiatan social ini adalah sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesulitan yang dihadapi warga sekitar. Selain itu sedikit menjelaskan kondisi perusahaan terkini dan meminta doa dari masyarakat untuk keselamatan dan kesehatan pekerja juga untuk dunia dan Kubar pada khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Pada tiap kesempatan santunan ini tak lupa pula Manajemen meminta dibukakan pintu maaf dari masyarakat sekitar bila dalam hidup berdampingan selama ini ada kesalahan yang dilakukan baik langsung maupun tidak langsung. (arf).

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.