Kodim 0912/Kbr, PT Pamapersada Nusantara dan Ponpes Assalam Tanam 500 Pohon Buah

November 28, 2020 by  
Filed under Daerah

SENDAWAR –Pamapersada Nusantara Kutai Barat (Kubar) TCM dan BEK bekerjasama dengan Kodim 0912/Kbr serta Pondok Pesantren (Ponpes) Assalam menanam 500 pohon buah dengan berbagai jenis.

CSR Dept. Head Pama Dominico Savio Sandi Sarkoro menyampaikan, dalam melestarikan pilar lingkungan, Pama sangat peduli terhadap lingkungan masyarakat sekitar, dengan membudidayakan tanaman buah-buahan, di samping itu ada dampak ekonominya bagi masyarakat sekitar.

“Kami menanam sebanyak 500 pohon buah dengan berbagai jenis,”kata Sandi didampingi Arief dan Sabinus saat ditemui disela-sela penanaman pohon di lokasi Ponpes Assalam, Kampung Rejo Basuki, Kecamatan Barong Tongkok, Jumat (27/11/2020).

Dikatakan Sandi, Pama menanam pohon buah, karena bisa berkolerasi juga dengan pilar Pama yaitu pemberdayaan masyarakat yang berdampak pada ekonomi masyarakat. Hal ini bisa menghasilkan buah dan dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar.

Selain itu Sandi menjelaskan kegiatan yang berkolaborasi dengan Kodim yang selama ini sangat dekat dan menyatu dengan masyarakat dalam hal pertanian. Secara kebetulan Pondok Pesantren Assalam mempunyai lokasi untuk menanam pohon durian. Harapannya, lima sampai enam tahun ke depan pohon ini berbuah dan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan juga para santri di Ponpes Assalam.

“Kita menanam beberapa jenis buah seperti durian, kelengkeng, jambu, rambutan, mangga dan beberapa pohon pucuk merah,”jelasnya.

Atas nama Pama Kubar Sandi mengucapkan terimakasih kepada Dandim yang sudah mensupport dalam kegiatan penanaman pohon ini.

Dandim 0912/Kbr Letkol Anang Sofyan Effendi bersama CSR Pama Sandi Sarkoro

Sementara itu Komandan Kodim 0912, Letkol. Inf. Anang Sofyan Effendi mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pama sudah bekerjasama dengan Kodim Kubar bersama-sama menyumbangkan bantuannya kepada masyarakat sekitarnya, dalam hal ini ke Ponpes Assalam dengan menanan pohon buah durian sekaligus melestarikan penghijauan.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap Pama ini,”ujarnya.

Ia mengatakan, penanaman pohon yang dilakukan ini bukan hanya untuk menghijaukan saja, akan tetapi berbentuk tanaman yang produktif yang dinilai sangat cocok dengan kondisi geografis Kubar sendiri.

“Kita menanam durian saat ini, karena durian sangat cocok ditanam di Kubar. Selain itu Kubar sangat terkenal dengan duriannya,”ujarnya.

Ia berharap dengan penanaman pohon durian mendapatkan hasil yang maksimal kedepannya dan bisa bermanfaat bagi masyarakat dan Ponpes Assalam.

“Untuk di lahan Kodim sendiri kita juga sudah menanam beberapa jenis pohon buah dari Pama,”ujarnya.

Selain ditanam di lahan Kodim, sebagian ditanam tersebar di enam belas koramil yang ada di Kubar dan Mahulu. Bahkan bibit dari Pama ini sudah sampai keperbatasan seperti Bongan dan Long Apari.

“Kami berharap kepada rekan-rekan dari perusahaan agar bantuan ini tetap berlanjut dan bisa dirasakan masyarakat Kubar agar lebih sejahtera,”ungkapnya.

Sementara itu pengawas perkebunan di Ponpes Assalam Heriyanto menyampaikan terimakasih kepada Pama dan Kodim 0912/KBR atas bantuan menanam pohon durian di lokasi Ponpes Assalam. Ia berharap perkebunan durian milik Ponpes Assalam mendapatkan hasil terbaik.

“Kami dari Ponpes sudah menyiapkan lahan sekitar empat hektar,”kata Hariyanto.

Ia mengatakan, untuk bantuan Pama yang ditanam pada hari ini bibit durian sebanyak seratus dua puluh pohon. Sebelumnya sudah tertanam sekitar empat ratus buah pohon durian.

“Target kami dari Ponpes Assalam dua tahun ke depan ada sepuluh hektar lahan durian yang sudah tertanam,”jelasnya.

Karena program tanaman pohon durian jangka panjang, ke depannya diharapkan Pama memberikan bantuan berkelanjutan seperti perawatan, pupuk dan sebagainya hingga pohon tersebut bsa menghasilkan. (arf/vivaborneo.com)

Respon Pembaca

Satu Komentar untuk "Kodim 0912/Kbr, PT Pamapersada Nusantara dan Ponpes Assalam Tanam 500 Pohon Buah"

  1. ABDUL SYUKUR on Sun, 29th Nov 2020 4:38 am 

    Mantap program CSR PAMA, sukses selalu👍

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.