Tingkatkan Kapasitas, Jasa Raharja Gandeng Semesta Academy

November 27, 2020 by  
Filed under Gaya Hidup

SAMARINDA – Jasa Raharja Samarinda terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Salah upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kapasitas pegawainya, agar semakin semangat dan produktif dalam memberikan layanan.

“Meski penetrasi bisnis sedang kurang positif, Jasa Raharja secara periodik terus memberikan pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan potensi pegawai,” sebut Kepala Jasa Raharja Samarinda, Agung Abimanyu, saat membuka Diklat Capacity Building bekerja sama Semesta Academy, melalui Zoom Meeting, belum lama ini.

Agung menyampaikan, kondisi pandemi tidak memungkinkan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan secara tatap muka. Sehingga digelar secara virtual. “Sebelumnya, kami juga bekerja sama dengan Semesta Academy dengan menggelar pelatihan Public Speaking,” sambungnya.

Untuk Diklat Capacity Building alias pengembangan kapasitas kali ini, Jasa Raharja sengaja menghadirkan nara sumber trainer teknologi pikiran, Endro S. Efendi, CHt®, CT, CPS®, alumni Adi W Gunawan Institute of Mind Technology Surabaya.

Kehadiran Endro yang juga salah satu pendiri Semesta Academy itu diharapkan memberikan pemahaman kepada pegawai Jasa Raharja bagaimana memahami cara kerja pikiran, yang diharapkan bisa bermanfaat untuk dunia kerja.

Agung menyampaikan, peserta Diklat tidak hanya dari pegawai Jasa Raharja Samarinda, tapi juga dari Kutai Timur, Bontang, Kutai Kartanegara, Kutai Barat hingga Mahakam Ulu. “Harapan kami, pegawai semangat dan terus meningkatkan kinerja serta produktivitas,” katanya.

Menurutnya, diklat tetap penting dilakukan. “Walau pandemi, pekerjaan harus tuntas. Pengembangan kapasitas ini dilakukan supaya semua pegawai tetap bisa mempertahankan keterampilan dan pengetahuan serta berinteraksi dengan baik,” bebernya.

Paling utama adalah, diharapkan pegawai bisa melayani masyarakat dengan baik termasuk dengan mitra Jasa Raharja dan para pihak yang lain.

Sementara, dalam pelatihan tersebut, Endro menjelaskan bagaimana cara kerja pikiran, serta memberikan teknik-teknik khusus agar peserta bisa mengendalikan dirinya menjadi lebih baik.

“Terkadang ada masalah di rumah yang mengganggu pekerjaan. Inilah yang harus diatasi lebih dulu,” kata pria yang juga menjabat sebagai ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim ini.

Peserta juga langsung diajarkan bagaimana mengatasi persoalan yang dihadapi. Seperti misalnya ada yang mengaku fobia ketinggian, dalam sesi tersebut, Endro membantu dan membimbing peserta tersebut agar bebas dari fobia tersebut.

Tak hanya bicara pengelolaan pikiran, Komisaris Berau Post ini juga mengupas bagaimana mengelola perasaan dan meningkatkan kapasitas diri secara spiritual. Sehingga setiap individu bisa memiliki kapasitas diri yang semakin berkualitas.

Terakhir, dengan teknik yang diberikan, Endro berharap, setiap peserta bisa mengatasi persoalannya masing-masing, tanpa diketahui orang lain. “Jadi ngga perlu curhat. Cukup atasi sendiri. Orang lain tidak perlu tahu,” pungkasnya. (*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.