SEKATA Medical Center – Klinik Medis MCU Narkoba Pertama Di Kaltim

November 27, 2020 by  
Filed under Kesehatan

SAMARINDA – Data BNN Kaltim, dari hasil riset LIPI, pada tahun 2019, di propinsi Kalimantan Timur jumlah pengguna setahun pakai di Kaltim sebanyak 4.241 orang dengan angka prevalensi sebesar 0,10 persen. Sedangkan kategori pernah pakai narkoba sebanyak 16.963 orang dengan prevalensi 0.50 persen atau nomor 4 tertinggi di Indonesia.

Angka terpapar narkoba yang tinggi di Kaltim tersebut membawa konsekuensi pada upaya maksimal penanganan medis dan rehabilitasi pada korban terpapar narkoba, agar mendapatkan pelayanan kesehatan sehingga kembali sehat dan bisa beraktifitas normal di masyarakat, yang berujung pada penurunan angka terpapar narkoba.

SEKATA Medical Center, Klinik Medis Medical Check Up (MCU) narkoba pertama di Kaltim, kini hadir di kota Samarinda Kalimantan Timur. Klinik yang launching perdananya akan dihadiri Wagub Kaltim H. Hadi Mulyadi Jumat, 20 November 2020.

Klinik yang beralamat di jalan Pangeran Suryanata 27 Kelurahan Air Putih Samarinda, sekitar 150 meter dari simpang Air Putih ini, menawarkan paket Medical Cek Up kepada warga Samarinda dan Kaltim yang terpapar narkoba.

Lukman Hakim

Menurut Lukman Hakim-salah satu owner SEKATA Medical Center, jika ada orang yang terpapar narkoba dan ingin direhabilitasi, maka sebelum direhabilitasi harus dilakukan Medical Check Up (MCU), yaitu suatu rangkaian uji kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan untuk mengetahui secara dini penyakit yang diderita, tingkat keparahannya, malah bisa mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadinya komplikasi beberapa penyakit.

“Medical Check Up adalah sebagai filter pertama, sebelum para pecandu narkoba menjalani proses rehabilitasi di SEKATA foundation sebagai yayasan yang bergerak di bidang rehabilitasi narkoba ,”ujar Lukman.

Siap Layani MCU Karyawan Perusahaan

SEKATA Medical Center yang diresmikan oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Jumat (27/11/2020), sangat tepat untuk menjadi klinik MCU mitra kerjasama keluarga dan perusahaan swasta seperti perusahaan pertambangan, perkebunan dan konstruksi yang banyak beroperasi di Kalimantan Timur mengingat klinik ini ditangani oleh petugas medis yang profesional dan bersertifikat internasional.

“Jika ada karyawan yang terdeteksi memakai narkoba maka pihak perusahaan dapat bekerjasama dengan SEKATA Medical Center dan SEKATA foundation untuk proses rehabilitasi penyembuhan, karena disamping MCU, kami sudah tau assessment seperti apa yang dilakukan, termasuk kerahasiaan data dan informasi pasein sangat terjamin, karena ditangani oleh petugas medis, psikiater psikolog yang profesional dan bersertifikat internasional,” ujar Lukman.

SEKATA Medical Center memiliki visi menjadi klinik lokal bertaraf nasional dengan layanan klinik SEKATA Medical Center adalah Poli Umum, Apotik, General Medical Check Up (MCU), Laboratorium, Radiology/X-Ray, Poli Psikologi dan Konseling Adiksi/Napza. (Hel)*

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.