Pengembangan Wisata Harus Ramah Lingkungan

November 21, 2020 by  
Filed under Berau, Wisata

Pjs Bupati Berau, M Ramadhan menyerahkan tanda mata berupa buku potensi pariwisata Berau kepada Dirjen Otda, Akmal Malik.

TANJUNG REDEB – Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik, Kamis (19/11) hingga Jumat (20/11) tadi berkunjung ke Pulau Derawan. Tak hanya Pulau Derawan, Akmal juga sempat berkunjung ke Pulau Sangalaki, sebagai salah satu pulau konservasi penyu di daerah ini.

“Pulau ini sangat luar biasa. Harus dikembangkan lagi,” sebut Akmal sepulang dari Pulau Derawan. Dalam kunjungan tersebut, Akmal didampingi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Berau, M Ramadhan.

Disebutkannya, keindahan alam wisata bahari di Berau, memiliki potensi yang bisa dikembangkan. “Berau sangat relevan dengan pengembangan ekowisata atau ekoturisme yang berwawasan lingkungan,” bebernya.

Selain itu, mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan. Dalam pengelolaan ekowisata ini, menurut Akmal, memerlukan kebijakan tepat dari pemerintah daerah bersama para pihak terkait untuk mengatur agar pembangunan kawasan pariwisata ini tidak mengganggu ekosistem yang ada.

WISATA: Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik berkunjung ke Pulau Sangalaki.

“Pembangunan yang dilakukan harus memperhatikan kondisi lingkungan sekitarnya, agar pariwisata berkelanjutan dapat diwujudkan dengan baik. Perlu ada kebijakan dalam mengatur tata kelola kawasan wisata ini agar berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Dalam mewujudkan tata kelola pariwisata yang baik ini, harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah dalam melibatkan masyarakat sekitar, agar berpartisipasi dalam mengelola wisata.

“Sehingga masyarakat tidak hanya menjadi penonton saja, tetapi masyarakat harus menjadi pelaku pariwisata itu sendiri,” ucapnya.

Sementara Pjs Bupati Berau, M Ramadhan, menyampaikan terima kasih atas hadirnya Dirjen Otda di Berau. Apa yang menjadi perhatian Dirjen Otda akan menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Berau bersama masyarakat untuk mengelola dan mengembangkan pariwisata di daerah ini dengan baik.

Termasuk kebijakan new normal di sektor pariwisata menjadi penekanan serius. Terutama dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19, baik oleh masyarakat sebagai pelaku pariwisata di daerah maupun bagi wisatawan yang berkunjung.

“Semua harus selalu memastikan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” tegasnya. (vb1)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.