Warga Olah Limbah Rumah Tangga Jadi Kompos

November 19, 2020 by  
Filed under Agrobisnis, Berau

TERAMPIL: Warga semakin terampil mengolah limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos.

TANJUNG REDEB – Warga Kelurahan Tanjung Redeb, diberikan pelatihan bagaimana mengolah limbah rumah tangga menjadi pupuk kompos. Lurah Tanjung Redeb Harjufri menyampaikan, saat ini warga sudah masuk dalam proses pembuktian hasil pelatihan membuat pupuk yang telah dihasilkan, untuk menanam tanaman.

“Ada beberapa RT sudah mengikuti pelatihan, hasilnya sudah mulai diaplikasikan,” katanya Rabu (18/11/2020).

Salah satu persoalan yang perlu diatasi, menurut Harjufri adalah limbah rumah tangga. Harapannya, dengan kemampuan warga mengolah limbah menjadi kompos, masyarakat bisa menjadikan sampah lebih bermanfaat.

“Apalagi saat ini sedang demam tanaman. Hampir semua rumah memiliki tanaman hias. Dengan tambahan keterampilan warga membuat kompos, akan mendukung hobi mereka mengelola tanaman hias,” sambungnya.

Pelatihan ini juga diharapkan menambah kreativitas dan daya saing masyarakat, serta mampu meningkatkan perekonomian. Sebab, pupuk kompos memiliki nilai ekonomis, sehingga bisa menambah uang dapur ibu-ibu rumah tangga di Tanjung Redeb.

Harapan lain, Tanjung Redeb akan semakin hijau dan asri. Pasalnya, dengan kemampuan membuat kompos, akan mendorong masyarakat semakin giat menanam. Baik itu sayur-sayuran maupun tanaman hias, di lahan yang mereka miliki.

Sebab, menanam sayur atau tanaman hias tidak harus di lahan yang luas. Di lahan sekitar rumah bisa dimanfaatkan dengan menanam di pot atau pipa paralon. (vb1)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.