ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Meriahkan Pesta Demokrasi, KPU Samarinda Gelar Lomba Cerdas Cermat Daring

November 16, 2020 by  
Filed under Samarinda

Share this news

SAMARINDA – Memeriahkan pesta demokrasi di Samarinda pada 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda mengadakan lomba Cerdas Cermat daring. Segmentasi dari lomba ini pun fokus pada anak muda.

Najib

“Terutama bagi mereka yang sudah punya hak pilih. Berusia mulai 17 – 22 tahun,” kata komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipan Masyarakat, dan SDM, Najib

Soal-soal yang diajukan di cerdas cermat masih erat kaitannya dengan Pilkada. Selain harus berusia 17-22 tahun, peserta juga harus menyertakan kartu elektronik atau identitas lainnya. Harus warga Samarinda yang dibuktikan dengan identitas diri. Kemudian, mendaftarkan diri sebagai grup yang terdiri atas 2 orang.

“Setiap grup yang mendaftar mesti memiliki nama grup. Dan setiap grup bebas memilih rekannya dari mana saja. Tak perlu berasal dari sekolah atau kampus yang sama,” jelas Najib.

Peserta yang ingin mengikuti cerdas cermat daring harus mengambil formulir di KPU Samarinda, melampirkan fotokopi KTP, pas foto ukuran 4×6 sebanyak 1 lembar. Selain itu, peserta wajib memiliki pendukung minimal 30 orang dan wajib menyaksikan melalui live streaming di YouTube dan Facebook KPU Samarinda.

“Pendaftaran untuk cerdas cermat daring masih dibuka sampai 20 November mendatang,” sebut najib

Dia menegaskan, berkas pendaftaran paling lambat diserahkan pada 20 November alias hari terakhir pendaftaran. Keesokan harinya pada 22 November, akan berlangsung technical meeting. Lomba cerdas cermat daring dilaksanakan selama 2 hari pada 23-24 November.

“Ragam lomba termasuk cerdas cermat memang menyasar ke anak muda, milenial. Sebab mereka itu kan pemilih potensial. Populasi mereka juga banyak dan besar. Tapi tingkat apatisme terhadap pesta demokrasi juga cenderung tinggi,” terang Najib

Dia nemambahkan, jumlah peserta cerdas cermat nanti akan menentukan sistem yang diterapkan KPU Samarinda. Selain itu, cerdas cermat pun akan condong mengarah pada konsep debat. Kemudian, para juri turut dilibatkan. Memang belum dipastikan nama-namanya, namun juri berasal dari kalangan akademisi, profesional, dan media.

“Tema cerdas cermat daring yaitu mewujudkan Pilwali Samarinda 2020 yang bersih dan berintegritas. Total hadiah bagi pemenang berjumlah Rp 9,5 juta. Semua kegiatan yang dilakukan oleh KPU Samarinda menggunakan standar covid-19,” kata Najib. (man)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.