Pelni Siap Buka Rute ke Berau

November 16, 2020 by  
Filed under Berau, Wisata

RUTE WISATA: Sekkab Berau, M Gazali berbincang dengan Komisaris Utama PT Pelni, Ali Masykur Musa dan Direkrut Armada PT Pelni, Tukul Harsono di Pulau Derawan.

TANJUNG REDEB – “Melihat potensi di Pulau Derawan, Maratua, Kakaban maupun Sangalaki dan dengan masuknya kapal wisata seperti kapal pinisi, turis domestik maupun mancanegara akan semakin banyak ke Berau,” jelas Komisaris Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), Ali Masykur Musa, di sela berkunjung ke Kepulauan Derawan Sabtu (14/11/2020)..

Melihat potensi itu pula, sangat terbuka peluang bagi PT Pelni untuk membuka rute singgah ke Berau, terutama di dermaga Tanjung Batu, Pulau Derawan.

“Karena itu pelabuhan Tanjung Batu yang telah memenuhi syarat ini bisa dihidupkan kembali,” harap Ali. Dengan begitu, Berau akan terkoneksi dengan kota lain di Indonesia yang sudah terlebih dahulu disinggahi kapal milik PT Pelni.

Seperti diketahui, jajaran PT Pelni dipimpin Komisaris Utama, Ali Masykur Musa, mengunjungi Kepulauan Derawan sejak Sabtu (14/11) hingga Senin (15/11). Ali didampingi para direktur dan disambut Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali beserta para asisten dan pimpinan organisasi perangkat daerah terkait di Pulau Derawan.

Kunjungan tersebut memang dilakukan dalam rangka penjajakan rencana masuknya kapal milik Pelni guna mendukung pengembangan pariwisata bahari di Berau.

Lebih jauh Ali menyampaikan, selama ini, Pelni sudah rutin mengunjungi berbagai pulau di Indonesia. Harapannya, nantinya juga bisa ke Pelabuhan Tanjung Batu, Pulau Derawan. Sehingga wisatawan bisa semakin banyak berkunjung ke Berau.

Selain itu, penduduk Berau yang ingin ke luar daerah menggunakan kapal, misalnya ke Sulawesi, bisa memanfaatkan kehadiran kapal tersebut. “Apalagi Derawan menjadi salah satu destinasi unggulan. Potensi yang ada ini menjadi perhatian PT Pelni untuk mendukung pengembangan pariwisata. Di antaranya kapal pesiar yang dikelola anak perusahaan PT Pelni juga bisa masuk ke sini,” ulasnya.

Jika angkutan kapal penumpang dan barang berkembang di pelabuhan Tanjung Batu, wisata di Derawan menurutnya akan semakin berkembang. Dampaknya tentu akan semakin positif terhadap pertumbuhan ekonomi warga Berau, terutama warga Pulau Derawan dan sekitarnya.

“Mudah-mudahan sektor wisata meningkat. Kehidupan ekonomi masyarakat juga semakin baik,” harapnya. (vb1)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.