SMSI Kaltim Bahas Berbagai Program Dalam Raker

November 10, 2020 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kaltim hari ini, Selasa (10/11/2020) menggelar rapat kerja (raker) pertama di bawah kepemimpinan Abdurrahman Amin yang terpilih 5 Oktober 2020 lalu.

Abdurrahman Amin

“Selain rapat kerja, kegiatan ini juga untuk silaturahmi sesama pengurus SMSI Kaltim,” kata Abdurraman Amin.

Dalam raker ini akan dibahas beberapa program SMSI Kaltim seperti keanggotaan, pendidikan dan pelatihan, advokasi, kerja sama dan pengembangan SMSI di kabupaten/kota. SMSI Kaltim juga akan terus mendorong dan memfasilitas anggota agar bisa terverifikasi di Dewan Pers.

“Kita targetkan setiap tahun ada sekitar 15 media yang bisa terverifikasi administrasi dan faktual di Dewan Pers,” kata Abdurrahman.

Selai n itu, dalam raker ini juga akan dibahas mengenai newsroom yang dibangun oleh pengurus SMSI Pusat. Newsroom yang bernama siberindo.co saat ini telah memiliki jaringan di seluruh Indonesia.

Rahman, sapaan Abdurrahman, mengatakan newsroom yang dibangun ini diharapkan menjadi sentral produk berita online terbesar di Indonesia. Tidak hanya dalam bentuk naskah, tapi juga video. Apalagi saat ini tak kurang dari 1.500 media online yang tergabung di newsroom tersebut.

Di ruang berita tersebut, para editor akan bekerja bersama mengola ribuan produk berita. Berita-berita itu diterima dari seluruh media online di Indonesia yang juga merupakan anggota SMSI.

Newsroom ini diharapkan mampu meningkatkan mutu produk berita yang baik. Sekaligus juga mampu menjangkau seluruh daerah di Indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

“di newsroom ini, SMSI telah mempersiapkan beberapa kanal-kanal siber berita yang akan diluncurkan,” ungkap Rahman.

“Newsroom ini milik kita bersama, sehingga kepemilikan sahamnya merupakan seluruh anggota SMSI yang tergabung,” lanjut pria yang juga wakil ketua bidang pembelaan wartawan di PWI Kaltim.

Keberadaan newsroom ini diharapkan bisa mengefektifkan sumber daya manusia (SDM), sehingga membantu pemilik media siber dalam meningkatkan kualitas konten sesuai segmentasi pasar di daerah.

“Semoga SMSI dapat mengedukasi media-media lainya di Indonesia, khususnya di Kaltim,”pungkasnya. (*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.