Visit Kaltim Fest Seri III Memilih Desa Miau Baru sebagai Representasi Hutan Kaltim

November 4, 2020 by  
Filed under Budaya, Lingkungan Hidup

Vivaborneo.com, Samarinda – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur sukses menyelenggarakan Visit Kaltim Fest Seri III yang mengambil lokasi di Desa Miau Baru, Kecamatan Muara Wahau, Kabupaten Kutai Timur, pada Minggu (25/10/2020).

Seperti gelaran Visit Kaltim Festival lalu yang mengambil lokasi di Sungai Tunan dan Penangkaran Rusa Sambar, Kabupaten Penajam Paser Utara, kali ini pada seri III mengambil tema “Eksotika Kayan di Miau Baru”.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni mengaku puas atas seluruh rangkaian acara Visit Kaltim Fest 2020, yang dilakukan di saat pandemi Covid-19, sehingga Dispar Kaltim berinisiatif melaksanakan festival secara virtual.

Meski sempat terkendala teknis diluar kemampuan panitia, virtual fest ini bisa berjalan dengan lancar.  Semoga kegiatan ini semakin mempromosikan wisata budaya di Kaltim, dimana beberapa tour operator dari luar Kaltim mulai menyiapkan paket perjalanan wisata ke Miau Baru sebagai bagian dari kunjungan wisata di Kaltim,” ujarnya.

Sri Wahyuni juga berharap agar masyarakat Miau Baru pun semakin peduli untuk melestarikan seni budaya dan kearifan lokalnya, serta menjaga alam lingkungannya dan kebersihannya menyongsong hadirnya wisatawan.

Sri Wahyuni menjelaskan gelaran Visit Kaltim Fest seri III memilih Desa Miau Baru karena keharmonisan warga hidup berdampingan dengan hutan dan alamnya. Sehingga Desa Miau Baru dianggap dapat mempresentasikan Kaltim melalui hutan yang masih terjaga.

“Yang ingin kita tampilkan pada seri III di Desa Miau Baru ini adalah bagaimana  alam dan masyarakat dapat bersatu. Salah satu ciri khas Kalimantan adalah hutan, budaya dan masyarakatnya. Ini juga sebagai bentuk apresiasi budaya Dayak Kayan di Miau Baru dapat ditunjukkan bagi Indonesia dan dunia internasional,” jelasnya.

Pesan-pesan dari festival ini adalah selain harmoni dengan alam dan sosial budaya. Dispar Kaltim juga ingin menunjukkan kepada dunia luar inilah Kalimantan Timur yang masih terjaga saat ini

Sehingga pemilihan Desa di Miau Baru adalah salah satu dukungan oleh pemerintah provinsi Kaltim untuk promosi wisata budaya baik untuk wisatawan nusantara ataupun wisatawan mancanegara.

Berbagai kegiatan disajikan dalam Virtual Kaltim Fest Seri III ini, diantaranya penampilan seni dari Sanggar Tari Uyang Lahay, Tari Petangen Kenap, Kelompok Musik Miau Baru, kerajinan tangan khas Miau Baru, Tari Hivan Lakin Kayan, Sanggar Tari Tingeang Madeang, Zoom Talk Mengungkap Jejak Dayak Kayan.(Vb/Yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.