ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pjs. Bupati Kutim Kunjungi Bengalon

October 26, 2020 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

BENGALON – Pjs Bupati Kutai Timur (Kutim) Moh Jauhar Efendi kembali melanjutkan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus silaturahmi dengan masyarakat, kali ini Kunker di wilayah Kecamatan Bengalon dengan agenda pembinaan penyelenggaraan Aparatur Pemerintahan Desa dan Kecamatan. Kegiatan berlangsung di RM Kampung Kita, Bengalon, Senin (26/10/2020) pagi.

Moh Jauhar Efendi menyampaikan, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 ditegaskan sumber pendapatan desa itu banyak. Antara lain pendapatan asli desa, dana desa, dari APBD melalui alokasi dana desa, bantuan pihak ketiga yang sah dan tidak mengikat. Melalui bantuan keuangan provinsi, bantuan keuangan kabupaten dan bagi hasil retribusi pajak daerah. Jadi semua itu cukup banyak, sumber-sumber pendapatan desa.

“Yang perlu ditingkatkan adalah pendapatan asli desa. Karena apabila pendapatan asli desa itu besar, semakin besar porsinya dari anggaran pendapatan belanja desa maka itu semakin mandiri,” jelasnya.

Jauhar menambahkan Bengalon yang banyak memiliki investor diharapkan bisa mensejahterakan dan meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Kalau bisa, melalui badan usaha miliki desa dalam peningkatkannya. Pasalnya sebagian pendapatan pengelola dana juga masuk dalam pendapatan asli desa.

Sebelumnya, Camat Bengalon Suharman menyampaikan dimasa pandemi COVID-19 Bengalon tetap menerapkan protkes. Ini adalah salah satu bentuk upaya pencegahan virus corona diseluruh diwilayah Bengalon.

“Di Bengalon memiliki 11 desa dan 4 desa persiapan, total 15 desa. Bengalon perkembangannya sangat pesat, banyak sekali perusahaan besar yang beroperasi di Bengalon, karena Bengalon mempunyai potensi dibidang sektor pertanian, perkebunan dan pertambangan,” ujar Suharman.

Acara itu juga dirangkai penyerahan secara simbolis kartu JKN KIS kepada Camat Bengalon Suharman. Pjs Bupati juga membagikan masker sebagai upaya pencegahan virus Corona.  (hms7)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.