Pjs Bupati Kagumi Khazanah Budaya Kayan di Miau Baru

October 25, 2020 by  
Filed under Budaya

Vivaborneo.com, KONGBENG — Dalam kunjungan kerja (Kunker) kepedalaman Pjs Bupati Kutim Moh Jauhar Efendi juga berkesempatan menyaksikan Visit Kaltim Fest 2020 Seri III yang mengusung Eksotika Kayan di Miau Baru.

Program yang berlangsung selama dua jam ini di prakasai oleh Dinas Parawista Provinsi Kalimantan Timur (Dispar Prov Kaltim) dan  berlangsung di Lamin Adat Desa Miau Baru, Kongbeng, Minggu (25/10/2020) sore.

Pada kesempatan tersebut, Pjs Bupati Kutim Moh Jauhar Efendi mengapresiasi Dispar Prov Kaltim yang mengusung program budaya di Miau Baru.

Ia pun menyanjung suku dayak kayan yang masih bisa menyatu sekaligus melestarikan alam di hutan Kutim ini. Kegotong-royongan mereka patut diacungi jempol terutama bagi kebersihan lingkungan yang sangatlah luar biasa.

“Khazanah (kekayaan) budaya ini harus dijaga. Ke unik ini bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik nusantara maupun mancanegara,” pesannya.

Jauhar meyakini seusai acara ini dipastikan promosi bakal lebih genjot. Wisatawan pun bakal berbondong-bondong untuk mengetahui tentang Miau Baru.

“Mudah-mudahan untuk hal ini selalu menjadi perhatian kita semua. Sukses selalu, sukses untuk kita semua,” pungkasnya.

Dalam acara itu turut hadir Asisten Perekobang Suroto, Kadis Kominfo-Perstik Suprihanto, Camat Kongbeng Furkani, Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim Suparjan, Pj Kades Miau Baru Ifung Whang, unsur muspika dan undangan lainnya.

Sementara itu, Kepala Dispar Kaltim Sri Wahyuni mengatakan di seri ke tiga ini program Visit Kaltim Fest 2020 menghadirkan kehidupan yang berdampingan dengan alam.

Mengusung Eksotika Kayan di Miau Baru yang bearti menampilkan keelokan alam yang tetap dijaga dan dipelihara oleh suku dayak kayan.

“Selain kita mengangkat keunikan alamnya, sosial budaya dari Kaltim. Juga menunjukkan kepada dunia inilah Kalimantan Timur yang masih terjaga,” ujarnya. (hms7)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.