Dinas Perindustrian Samarinda Gelar Bintek Bengkel Las

October 22, 2020 by  
Filed under Samarinda

SAMARINDA- Selama tahun 2020, Dinas Perindustrian kota Samarinda telah menjadwalkan bimbingan teknis (Bimtek) atau pelatihan sebanyak 21 kali.

Gelaran Bintek ke 19 dilaksanakan Bimtek untuk para teknisi bengkel las yang ada di kota Tepian tanggal 21-23 Oktober 2020 diikuti 20 orang peserta dari usaha bengkel las di kota Samarinda. Kegiatan dilakukan dengan memperhatikan protocol Kesehatan covid-19 sesuai arahan Dinas Kesehatan,

“Kegiatan teori dilaksanakan di Aula Gedung Graha Ruhui Rahayu sekaligus acara pembukaan, sedangkan untuk kegiatan praktek mulai hari ini akan dilaksanakan di SMK 2,” kata Kepala Dinas Perindustrian kota Samarinda Muhammad Faisal.

Faisal menjelaskan, biasanya bintek bekerjasama dengan BLK, maka kali ini kami dengan SMK Negeri 2 Samarinda yang memiliki jurusan ini.

“Apalagi cukup banyak mantan siswa disana yang bekerja di sektor ini sehingga beberapa peserta pada hari ini tampak seperti reuni dengan guru dan sekolahnya,” ungkap Faisal bersemangat.

Untuk diketahui cukup banyak usaha bengkel las ini di kota Tepian mulai yang dikategorikan kecil, menengah hingga bisa dikategorikan besar. Beberapa perusahaan yang memang mempunyai divisi las walaupun bukan fokus usaha las, seperti perusahan galangan kapal, alat berat dan lainnya.

“Tujuan bimtek kami adalah untuk mereka sudah bekerja sehingga diharapkan setelah selesai bisa meningkatkan kemampuan atau kompetensi nya, Insya Allah tahun depan kita akan buat lagi untuk para wirausaha baru,” kata Faisal kepada wartawan.

Ssalah seorang peserta, Toni mengatakan sangat senang dan gembira bisa mengikuti kegiatan ini.

“Alhamdullillah walaupun masih sedikit peserta yang bisa mengikuti tapi kami apresiasi dimana akhirnya pemkot menaruh perhatian pada profesi kami ini, mudahan kelak kami bisa dibantu dan difasilitasi untuk kegiatan sertifikasi kompetensi,”uUjarnya sambil serius memperhatikan materi praktek las. (*)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.