Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kaltim Terus Naik

October 17, 2020 by  
Filed under Politik dan Pemerintahan

Vivaborneo.com, Samarinda – Walaupun penularan Covid-19 masih tinggi, namun tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Kalimantan Timur kian hari kian naik. Jika kemarin penambahan harian pasien Sembuh sebanyak 135 pasien, maka pada hari ini Jumat, 16 Oktober 2020, penambahan harian sebanyak 208 orang.

Pasien yang sembuh terdistribusi di Kabupaten Berau 2 kasus, Kutai Barat 5 kasus, Penajam Paser Utara 3 kasus, Balikpapan 38 kasus, Bontang 24 kasus dan terbanyak di Samarinda 136 orang pasien.

“Penambahan kasus sembuh ini membuat tingkat kesembuhan Covid-19 Kaltim meningkat di 73,1 persen dari pasien yang terkonfirmasi Positif,” jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak, Jumat sore (16/10/2020).

Sementara itu, dijelaskan Andi, tingkat penyebaran Covid-19 juga masih luas, terbukti tingkat paparan orang terkonfirmasi Positif masih tinggi. Pada hari ini penambahan orang terkonfirmasi Positif di Kaltim berjumlah 94 orang sehingga totalnya menjadi 11.306 orang.

Sedangkan kasus Meninggal Dunia pada hari ini tercatat tiga kasus yaitu di Kutai Timur 2 kasus dan di Samarinda 1 kasus. Dua kasus di Kutai Timur  terkonfirmasi Positif Covid-19 dengan gejala Infeksi Saluran Pernapasan Atas akut (ISPA) dengan penyakit bawaan Diabetes Mellitus. Sementara pasien di Samarinda juga meninggal dengan gejala sama yaitu ISPA akut dan Diabetes Mellitus.

Dari Samarinda dilaporkan terjadi penambahan kasus terkonfirmasi Positif sebanyak 54 orang sehingga totalnya kini berjumlah 3.513 kasus. Sementara yang masih dirawat berjumlah 454 orang dan penambahan Sembuh sebanyak 115 orang pasien.

Saat ini menurut info dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda, laporan masyarakat yang masuk melalui laporan telepon 112 milik Pemkot Samarinda berjumlah   15.014 laporan.

Dinas Kesehatan Kota Samarinda memberikan rumah sakit rujukan bagi masyarakat yang memiliki gejala mirip Covid-19 yaitu RSUD Abdul Wahab Syahranie, RS Inche Abdul Moeis Samarinda Seberang dan RS Pusat Karantina Covid-19 di Jalan Wolter Monginsidi.

Plt Kepala Dinas Kota Samarinda, dr Ismed Kusasih tidak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk disiplin mentaati protokol kesehatan yaitu memakai masker jika berada di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan banyak orang.

“Laporkan jika anda atau keluarga memiliki riwayat perjalanan dari daerah tertular, terlebih dari luar negeri dan mengalami gejala demam, batuk, pilek dan sesak napas dalam 14 hari sejak kepulangan. Segera laporkan ke nomor telepon 112 untuk mendapatkan bantuan medis,” ujarnya.(VB/YUL)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.