Panwascam Kota Samarinda Gelar Sosialisasi Pemilihan Saat Pandemi

October 14, 2020 by  
Filed under Samarinda

Samarinda – Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Samarinda Kota menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda Tahun 2020, Selasa (13/10/2020).

Peserta Sosialisasi Pengawasan Pemilu Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda Tahun 2020

Sosialisasi mengambil Dengan tema Strategi Pengawasan Partisipatif Menuju Pemilihan Berintegritas ini diikuti 30 orang dari kalangan mahasiswa, OKP dan ibu-ibu PPK.

Ketua Panwaslu Kecamatan Samarinda Kota Elvin Satria Widodo mengatakan, tujuan pelaksanaan sosialisasi pengawasan Pemilu lebih kepada bagaimana peserta mampu memahami terkait pelaksanaan pemilihan dimasa pandemi dan sejatinya memahami dasar pengawasan partisipatif.

“Pengawasan partisipatif sendiri merupakan upaya meningkatkan angka partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan dengan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik, ” Terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Samarinda, Abdul Muis dengan menyampaikan keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengawasan partisipasi, justru sangat membantu memberikan informasi awal terkait adanya dugaan pelanggaran.

“Silahan masyarakat melaporkan, walaupun ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi jika membuat sebuah laporan, ujar Abdul Muin yang sekaligus membuka acara itu

Dalam pemaparannya Najib Komisioner KPU yang membidangi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM menerangkan terkait kesehatan dan keselamatan penyelenggara pemilihan, peserta pemilihan, pemilih, dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan adalah wajib.

” Wajib mematuhi status penanganan & pengendalian COVID19 di Samarinda. Dan kalau melanggar tentu akan ada sanksi, ” jelasnya. (man)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.