ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dinas Kesehatan Kubar Lakukan Swab Test Massal

October 7, 2020 by  
Filed under Daerah

Share this news

SENDAWAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Barat (Kubar)melakukan swab test massal di Alun – Alun Itho, Rabu (7/10/2020). Swab test ini merupakan tindak lanjut hasil rafid test yang dilakukan beberapa hari lalu terdapat 59 orang yang reaktif.

Swab test melibatkan petugas medis dari empat Puskesmas di Kutai Barat

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Kubar yang merupakan penanggungjawab swab test dr. Rafaela Wisdafiesta Hinuq menyampaikan, dari 59 orang yang hasil pemeriksaan scrining melalui rafid test hanya 58 orang yang memenuhi panggilan swab test. Terdapat 10 orang dari pegawai Kantor DPRD Kubar, 8 orang dari Bankaltimtara, 33 orang dari Setkab Kubar serta 7 orang yang melakukan kontak erat dengan kasus pasien yang konfirmasi positif.

Dikatakan dr. Rafaela Wisdafiesta Hinuq yang akrab dipanggil dr.Esta mengatakan, swab test dilakukan secara gabungan dengan dibantu Puskesmas Barong Tongkok, Puskesmas Melak, Puskesmas Linggang Bigung, Puskesmas Tering dan Dinas Kesehatan dengan melibatkan enam dokter.

“Dinas Kesehatan Kubar melibatkan beberapa puskesmas dan dokter karena lebih dari 50 orang yang dilakukan swab test,” jelas dr Esta.

Diterangkan, swab test di Rumah Sakit Umum Harapan Insan Sendawar (HIS) menggunakan Test Cepat Molecular COVID-19 (TCM). Ini sesuai intruksi dari Menteri Kesehatan TCM hanya bisa dipakai untuk kasus indikasi, contohnya seperti kontak erat denngan pasien terkonfirmasi positif.

“Sampel swab test akan dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi untuk diperikas dengan metode RT-PCR. Hasilnya ditunggu tiga hingga satu minggu,” kata dr Esta

Ia mengimbau seluruh masyarakat Kubar selalu mematuhi protokol kesehatan. Tenaga medis juga sangat lelah menangani pasien yang ada. Karenanya ia memohon masyarakat jangan terlalu berasumsi negatif terhadap tenaga medis.

“Pesan saya jangan terlalu menganggap enteng covid 19 ini, taati selalu protokol kesehatan dengan rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak,” pesannya. (arf).


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.