Hima Pariwisata Indonesia Sulawesi – Kalimantan turut Peringati Hari Pariwisata Dunia 2020

September 27, 2020 by  
Filed under Lingkungan Hidup

Vivaborneo.com, Samarinda – Memperingati Hari Pariwisata Se Dunia, Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia Dewan Pimpinan  Wilayah VI Sulawesi-Kalimantan melaksanakan berbagai kegiatan sosial-kemasyarakatan.

Mengambil tema “Different Action For One Purpose” di empat kota berbeda dalam Pulau Sulawesi dan Kalimantan, dimana kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Samarinda tepatnya di Pantai Panrita Lopi, Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Minggu (27/9/2020).

“Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat agar mampu menjaga kebersihan di kawasan daya tarik wisata. Kita juga memasang papan Sapta Pesona agar masyarakat dan wisatawan dapat mengingat  tujuh hal penting yang harus dilakukan di tempat wisata,” ucap Koordinator Wilayah Sulawesi & Kalimantan, Dinda Fitra Putra.

Dijelaskan Dinda, Kegiatan ini dapat terselenggarakan karena adanya kerja sama dan kerja keras teman-teman wilayah VI untuk menjaga dan melestarikan pariwisata. Karena jika daya tarik wisata kotor, maka tidak akan ada wisatawan yang datang berkunjung.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh para pengurus dan juga calon anggota HMPI DPW VI Sulawesi-Kalimantan, khususnya anggota dari Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda yang tergabung dalam HMPI DPW VI.

Bentuk kegiatan ini  yaitu penyerahan dan pemasangan papan Sapta Pesona dan Sadar Wisata kepada pihak pengelola Pantai Panrita Lopi. Selain itu juga dilakukan bersih pantai dan berbagi informasi bersama pihak pengelola dan para pengurus HMPI DPW VI serta para calon anggota HMPI DPW VI.

Informasi yang dibagi adalah tentang bagaimana peran mahasiswa maupun masyarakat dalam meningkatkan Pariwisata Indonesia di masa mendatang.

Harapan dilaksanakannya kegiatan ini agar dapat menumbuhkan rasa kecintaan dan kesadaran mahasiswa Pariwisata Indonesia maupun seluruh elemen masyarakat sekitar terhadap Pariwisata Indonesia agar lebih dilestarikan dan dijaga.

“Inilah kerja nyata dan sumbangsih HMPI DPW VI Sulawesi Kalimantan dalam ikut berperan aktif untuk menjaga dan melestarikan pariwisata. Kepedulian kepada kebersihan wisata adalah tangggung jawab kita bersama, khususnya generasi muda dan apa yang dilakukan HMPI DPW VI ini bisa menjadi contoh bagi yang lain,” ujar  Dinda Fitra.

Hari Pariwisata Dunia atau World Tourism Day tahun 2020 mengambil tema “Tourism and Rural Development”  atau Pariwisata dan Pembangunan Pedesaan.

Perayaan tema ini adalah bagaimana mengedepankan peran unik pariwisata dalam memberikan peluang di luar kota besar dan melestarikan warisan budaya dan alam diseluruh dunia.

Perayaan internasional tahun ini datang pada saat bayang-bayang ancaman resesi ekonomi dan wabah pandemi Covid-19. Sehingga negara-negara di seluruh dunia mengandalkan pariwisata untuk mendorong pemulihan ekonomi.

 

Termasuk, pada komunitas pedesaan dimana sektor pariwisata merupakan pemberi lapangan kerja masyarakat dan pilar ekonomi terkemuka yang menyediakan pekerjaan dan peluang, terutama bagi wanita dan pemuda.(VB/Riska Rahmania)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.