Seri Dua Visit Kaltim Festival 2020 : Susur Sungai Tunan

September 26, 2020 by  
Filed under Lingkungan Hidup

Vivaborneo.com, Penajam Paser Utara — Menilik potensi pariwisata di kawasan calon Ibu Kota Negara (IKN) Republik Indonesia, tak banyak yang tahu jika Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memiliki berbagai potensi objek wisata unggulan. Memiliki hutan dengan keanekaragaman hayati flora dan fauna, diantaranya  objek wisata Sungai Tunan yang berada di Kecamatan Waru, Kampung Waru Tua.

Dinas Pariwisata Kaltim bekerjasama dengan Dinas Pariwisata  Kabupaten PPU, menggelar Kegiatan Susur Sungai Tunan, yang merupakan rangkaian dari Virtual Event “Visit Kaltim Fest 2020”dengan tema “Dari IKN untuk Nusantara”.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Sri Wahyuni menjelaskan jika kegiatan susur sungai ini dikemas dalam dua paket,  yang pertama adalah untuk memperkenalkan atraksi Sungai Tunan yang memiliki potensi habitat Bekantan dan yang kedua adalah memperkenalkan kesenian musik Kaltim.

“Susur sungai merupakan bagian dari kegiatan Visit Kaltim Fest 2020 dimana kegiatan ini sekaligus dirangkai dengan peringatan Hari Pariwisata Dunia. Tidak hanya sekedar susur sungai namun saat pelayaran kami juga menampilkan atraksi seni musik dan tari dari atas perahu,” ujarnya Jumat (26/9/2020).

Dijelaskannya, kegiatan susur sungai ini selain bertujuan untuk memberi ruang kreasi bagi para penggiat seni, juga berdampak multiplier effect bagi para pekerja di sektor pariwisata terutama pengelola event (Event Organizer).

Meski kegiatan susur sungai diselenggarakan lebih awal,  namun dalam rangkaian Virtual Visit Kaltim Fest 2020 merupakan seri Ke Dua dari Virtual Visit Kaltim Fest. Adapun Virtual Visit Kaltim Fest terdiri dari Tiga Seri yang mana Seri Satu merupakan Festival Tari Nusantara yang mengangkat Tema “Dari IKN untuk Nusantara” yang akan diselenggarakan pada 27 September yang bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia.

Sedangkan, Seri Dua merupakan Susur Sungai Tunan yang nantinya akan ditayangkan secara virtual pada 9 Oktober 2020, dan mengakhiri rangkaian Visit Kaltim Fest 2020, Dispar Kaltim akan melaksanakan kegiatan di Miau Baru dengan mengangkat tema “Mengungkap Atraksi Budaya dan Pariwisata Masyarakat Kayan”.(Vb/YUL)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.