Wali Kota Samarinda Tinjau Peningkatan Produksi IPA Cendana

September 13, 2020 by  
Filed under Berita

SAMARINDA-Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang bersama isteri Puji Setyowati melakukan gowes bareng (gobar) Komunitas Sepeda Tirta Bike, Sabtu (12/9/2020). Dalam kegiatan ini Syaharie Jaang ikut bersepeda sambil meninjau kegiatan produksi di IPA Cendana yang menjadi rute tujuan dalam agenda tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan selalu cuci tangan pakai sabun sehabis kegiatan.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang (kaos merah) mendapat penjelasab dari Dirut Perumdam Tirta Kencana Noor Wahid Hasyim tentang peningkatan produksi IPA Cendana

Bertolak dari Gedung Teknik Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda Jalan Tirta Kencana sekitar pukul 06.30 WITA, rombongan Tirta Bike Perumdam langsung menuju titik kumpul kedua, rumah jabatan wali kota di Jalan Ruhui Rahayu. Jaang berserta istri didampingi Asisten 1 Pemkot Samarinda dan sejumlah tokoh telah menanti. Setelah persiapan beberapa menit, rombongan kembali menyusuri jalan-jalan di Kota Tepian, dengan finish di IPA Cendana di Jalan Cendana, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sungai Kunjang.

Setibanya di lokasi rombongan beristirahat sambil menyantap hidangan sederhana yang sudah disiapkan. Tak beberapa lama, Jaang diajak Direktur Utama Perumdam Tirta Kencana Samarinda Nor Wahid Hasyim untuk melihat hasil pekerjaan berupa penggantiantTube settler tepatnya di IPA Cendana 1.

Didampingi Direktur Utama Nor Wahid Hasyim, Direktur Teknik Ali Rachman dan Direktur Umum Yusfian Noor, Syaharie Jaang mengapresiasi kinerja tim Perumdam. Dia berharap semua pegawai bisa terus bekerja maksimal memenuhi kebutuhan air bersih warga.

“Belakangan ini kami mendengar laporan banyak masyarakat soal air yang beberapa hari tidak mengalir. Dari penjelasan tim PDAM ada beberapa pekerjaan peningkatan dan perbaikan. Wajar saja, kami harap masyarakat bisa memahami,” ucapnya.

Soal komentar masyarakat di sosial media juga diakuinya tidak menjadi masalah di era keterbukaan informasi seperti sekarang. Hanya diharapkan selalu memberikan komentar yang santun, dan bagi semua unsur Perumdam agar tetap memantau itu.

“Itu keluhan masyarakat, harus ditanggapi dan menjadi bahan evaluasi,” ucapnya.

Dia menjelaskan, saat ini Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda terus meningkatkan kapasitas produksi di beberapa IPA dan membangun beberapa IPA di kawasan pinggir sambil memaksimalkan kemampuan IPA yang ada. Salah satunya yang baru saja dikerjakan di IPA Cendana berupa penggantian tube settler.

“Ddari penggantian ini berhasil meningkatkan kapasitas produksi dari 300 liter per detik menjadi 350 liter per detik. Ini sangat diharapkan bisa memenuhi kebutuhan air masyarakat,” katanya.

Dia mengakui kapasitas dari 14 IPA yang tersebar di semua daerah belum bisa mencukupi kebutuhan warga yang jumlahnya lebih dari 800 ribu jiwa. Namun setiap tahun pemerintah selalu memberikan dukungan anggaran. Saat ini juga sedang dibangun IPA Makroman, Intake Sei Kapih dan IPA Kalhold.

“Semoga dalam waktu dekat semua masyarakat bisa menikmati air bersih dari Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda. Namun untuk saat ini kami mengimbau agar warga tetap menghemat pemakaian untuk keperluan sehari-hari,” tuturnya.

Seusai peninjauan di IPA Cendana rombongan kembali mengayuh sepedanya menuju titik Finish di rumah jabatan wali kota Jalan Ruhui Rahayu. (*/lk)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.