Polres Kutim Gelar “Gerakan Kutim Bermasker”

September 10, 2020 by  
Filed under Kutai Timur

SANGATTA – Untuk meningkatkan kesadaran  masyarakat Kabupaten Kutai Timur (Kutim) untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes), khususnya pentingnya memakai masker, Kamis (10/9/2020) Polres Kutai Timur (Kutim) berkolaborasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan jajaran Kodim 0909/SGT maupun Lanal Sangatta menggelar “Gerakan Kutim Bermasker”. Gerakan Kutim Bermasker yang dipusatkan di kawasan perempatan Patung Singa, jalan Yos Sudarso I, Kecamatan Sangatta Utara tersebut dipimpin Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo.

Gerakan Kutim Bermasker yang dipusatkan di kawasan simpang Patung Singa, jalan Yos Sudarso I, Kecamatan Sangatta Utara tersebut dipimpin Kapolres Kutim, AKBP Indras Budi Purnomo

“Mulai hari ini, tidak ada lagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat berada di luar rumah. Baik pengguna jalan maupun mereka yang bekerja di toko dan warung. Semua harus menggunakan masker. Jauh dekat, asalkan berada di luar rumah, wajib menggunakan masker,” tegas Indras.

Lebih lanjut, Indras mengatakan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kewajiban Penggunaan masker sudah ada. Meski,  didalamnya belum ada sanksi berupa denda dengan nominal tertentu. Tetapi, bagi mereka yang tidak menggunakan masker saat di luar rumah, akan tetap dikenakan sanksi, berupa sanksi sosial.

“Seperti menyapu jalan, menyanyi di tepi jalan maupun sanksi lainnya,” ungkap Indras.

Dalam kegiatan yang mengusung tema, “Bersama kita cegah penyebaran COVID-19 dan ciptakan Pilkada 2020 aman, damai dan sehat,” ini, turut melibatkan para pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kutim. Diantaranya, pasangan Mahyunadi bersama Kinsu, Ardiansyah Sulaiman dan Uce Prasetyo, serta para perwakilan Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat, Tokoh Agama, Paguyuban maupun elemen masyarakat lainnya.

“Kami berharap para Bapaslon, para tokoh masyarakat, paguyuban, ikut menyosialisasikan Gerakan Kutim Bermasker ke jajarannya dan para pendukungnya,” kata Indras.

Gerakan Kutim Bermasker, sambung Indras, tidak hanya dilakukan di Sangatta saja, tapi juga di Kecamatan-Kecamatan se Kabupaten Kutim. Melalui Polsek-Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Kutim. Semua serentak merilis kegiatan ini sekaligus sosialisasi Perbup soal penggunaan masker di masyarakat.

“Ada 23.000 masker yang kami bagikan hari ini di seluruh Kutim,” ujarnya.

Untuk diketahui, memgawali Gerakan Kutim Bermasker itu turut dimeriahkan dengan penampilan tari-tarian, senam mencuci tangan sesuai protokol kesehatan pencegahan penularan COVID -19. Serta kampanye hidup bersih dan sehat untuk menghindari penyebaran COVID-19.(hms15/hms3)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.