BKKBN Selenggarakan Orientasi KB Nasional Bagi Babinsa

August 21, 2010 by  
Filed under Kalimantan Timur

SAMARINDA-vivaborneo.com, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim selenggarakan mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi pelaksana program Keluarga Berencana (KB) Nasional di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Kegiatan pelatihan ini merupakan bagian dari kerjasama revitalisasi Program KB Nasional dengan TNI. Dan orientasi program  ini diberkan pembekalan berupa pelatihan  kepada bintara pembina desa (Babinsa) dari  delapan kabupaten dan kota di Kaltim,” kata Kepala BKKBN Kaltim HA Idrus Sebbu usai pembukaan Orientasi Program KB Nasional Bagi Babinsa di Aula Diklat BKKBN Kaltim, Jumat (20/8).Menurut dia, kegiatan ini penting karena kemitraan lembaga KB dengan  para petugas Babinsa, terutama dalam peningkatan kegiatan  advokasi dan KIE (komunikasi, informasi dan edukasi) tentang program nasional ini  akan mampu menciptakan masyarakat yang mantap ber-KB yang berujung pada terciptanya keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

Saat ini di Kaltim tingkat kemiskinan masih tinggi, angka kebodohan masih tinggi, gejala-gejala atau masalah sosial cukup tinggi, bahkan kondisi akan muda yang telah melakukan pergaulan bebas semakin meningkat, serta perkawinan usia muda.

“Kondisi-kondisi ini merupakan tantangan bagi pelaksanaan program KB kedepan. Dan peran serta seluruh pihak sangat dibutuhkan untuk mensukseskan kebehasilan pelaksanaan program nasional ini, terlebih TNI, Polri dan PNS yang dijadikan acuan atas pelaksanaan program ini,” jelasnya.

Pada awalnya, pelaksanaan program KB secara nasional telah menjadikan Indonesia sebagai negara yang dituju untuk belajar dan menggali pengetahuan tentang engembangan program KB untuk mengatasi permasalah penduduk.

Bahkan, tidak kurang 100 negara telah datang dan belajar ke Indonesia untuk memperdalam  ilmu pengetahuan terhadap pengembangan program kependudukan melalui program KB Nasional yang cukup mendunia yang dicanangkan pemerintahan Presiden Soeharto.

“Negara China, Pakistan, Indian dan Kenya yang datang dan belajar ke Indonesia tentang program kependudukan ini telah mampu menerapkan sistem pembangunan kependudukannya, bahkan negara ini memiliki sumber daya manusia yang handal. Kita juga berharap dengan program ini nantinya akan mampu meningkatkan taraf hidup dan daya saing SDM Indonesia, terutama Kaltim,” harap Idrus Sebbu.

Kegiatan Orientasi Program KB Nasional ini diikuti sekitar 30 Babinsa dari delapan kabupaten kota, yakni Kutai Kartanegara, Samarinda, Kabupaten Bulungan, Kota Tarakan, Balikpapan, dan Bontang dengan waktu orientasi selama dua hari sejak 20-21 Agustus 2010. (vb/mas)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.