Pokdarwis harus Mampu Tumbuhkan Potensi Wisata Setempat

August 29, 2020 by  
Filed under Wisata

Vivaborneo.com, Samarinda — Pembangunan kepariwisataan memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan dibidang pariwisata, tak terkecuali dukungan dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni saat membuka Rakor Pokdarwis yang diadakan di Ballroom Grand Elty Hotel Singgasana Tenggarong, Kutai Kartanegara pada Selasa (25/8/2020).

Dijelaskan jika Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerah masing-masing.

“Keberadaan Pokdarwis tersebut perlu terus didukung dan dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam turut menggerakkan partisipasi masyarakat. Turut mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi pariwisata,” ujarnya.

Sri Wahyuni, juga berkesempatan menjadi nara sumber kegiatan memaparkan tiga poin penting dalam pengembangan dan peran Pokdarwis. Tiga peran tersebut yaitu bagaimana tata kelola Pokdarwis, cara membangun desa wisata dan peran Pokdarwis dalam pengembangan desa wisata.

Pada Rakor Pokdarwis tahun 2020 tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara ini, diikuti oleh 32 Pokdarwis dari 14 kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara

“Diharapkan dengan digelarnya Rakor Pokdarwis ini kita dapat saling membantu mewujudkan kerja sama antara pemerintah desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  serta membantu mengembangkan potensi-potensi wisata desa,  khususnya yang ada di Kutai Kartanegara,” harap Sri Wahyuni.

Sejumlah obyek pariwisata di Kutai Kartanegara terus dikembangkan, terutama yang berbasis masyarakat setempat. Sebut saja misalnya, pengembangan Kawasan Desa Wisata Pela dan Muara Siran di Kecamatan Kota Bangun, Wisata Bukit Biru, Desa Brubus Kecamatan Muara Kaman, Pantai Ambalat Samboja, wisata air Danau Jempang dan Danau Semayang, wisata Goa  Batu Gelap, Pondok Labu Desa Wisata Dayak Benuaq dan lain-lain.(Vb/Yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.