Saat New Normal, Pariwisata Kaltim Fokus Wisatawan Domestik

August 19, 2020 by  
Filed under Ekonomi & Bisnis

Vivaborneo.com, Samarinda –  Dalam Seminar Berani untuk Kaltim Berdaulat Talk Series dengan Tema “Peluang dan Tantangan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan di Kaltim Pada Era Strategis,” Kepala Dinas Pariwisata Kaltim, Dra. Sri Wahyuni, MPP menjelaskan bagaimana menyongsong new normal di sektor pariwisata agar dapat bangkit kembali.

rmal,“Untuk itu pada tahap awal pariwisata difokuskan pada wisatawan domestik. Kemudian investasi kepercayaan merupakan hal yang paling utama di era ini dan perlunya mitigasi strategi serta peluang sektor pariwisata saat pandemik Covid-19,” ujarnya.

Selain itu, ujarnya, ide kreatif dan inovatif menjadi aspek yg juga sangat penting di era ini lalu tidak lupa yaitu perlunya adaptasi di era kenormalan baru ini dengan pendekatan CHSE (Cleanness Health Safety Environtment).

Pariwisata merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kaltim untuk mengembangkan sektor ekonomi dan diharapkan dapat menjadi tulang punggung perekonomian baru bagi Kaltim.

“Kaltim memiliki obyek wisata yang banyak dan menarik, untuk itu diperlukan kerja keras dan dukungan dari semua stakeholder serta masyarakat untuk perbaikan sektor pariwisata di segala aspek agar wisata Kaltim dapat menjadi destinasi prioritas nasional dan berdaya saing,” ucapnya.

Seminar dibuka oleh Kepala Bappeda Kaltim, Prof. Dr. Ir. Aswin, MM dan selaku narasumber adalah Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf RI Kepala Dinas Pariwisata Prov. Kaltim, Dr. Frans teguh, MA dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur, Dra. Sri Wahyuni, MPP.

Seminar dihadiri oleh pemangku kepentingan dibidang pariwisata, asosiasi kepariwisataan, akademisi, dan pihak-pihak terkait di bidang pariwisata.

Adapun penanggap pada seminar ini adalah Adith raharjo (Ketua DPD Indonesian Hotel General Manager Associations Kaltim), Dr. Erwiantono, M.Si (ULS PKP2R UNMUL), Saur Parsaroan T, S.Pi, MEMD (Kabid. Ekonomi dan SDA-BAPPEDA Prov. Kaltim) dan Drs. Masudi Artha, MM (Kabid PPSIP-BAPENDA Prov. Kaltim.(VB/Yul)

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.